Cara Mengenalkan Dan Membuat Makanan Pendamping

Makanan PendampingMakanan Pendamping – Apa itu makanan padat? Makanan padat adalah jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari. American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa bayi harus disusui secara eksklusif selama sedikitnya enam bulan. Setelah itu, orangtuanya sudah bisa mengenalkan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) kepada bayinya.

Mengapa harus menunggu hingga enam bulan? Oleh karena, sistem pencernaan bayi pada di masa enam bulan itu belum siap dengan kehadiran makanan padat. Dan ASI dalam hal ini, sangat mampu mencukupi kalori dan nutrisi yang dibutuhkan bayi.

  • Cara Memulai

Bayi yang selama ini terbiasa dengan ASI, terkadang belum bisa langsung menerima makanan yang Anda berikan. Jadi perkenalkan MPASI tersebut sedikit-sedikit. Pada saat pertama, beri saja bayi 2-3 sendok untuk membuat dia mengenal rasa dan teksturnya. Setelah dia tahu, baru tambahkan porsinya sedikit demi sedikit.

Dalam dua minggu pertama, cukup perkenalkan bayi pada dua jenis makanan. MPASI diberikan di sela-sela dia menyusu dari Anda dan secara bertahap. Misalnya selama tiga hari pertama hanya satu kali dalam sehari, keesokannya menjadi dua kali.

Lihat bagaimana reaksi bayi saat diberikan MPASI. Kalau dia menolak, jangan memaksanya untuk makan makanan tersebut. Anda bisa mencoba lagi keesokan hari.

  • Cara Pembuatan MPASI

Makanan padat pertama bayi yang baru berusia enam bulan adalah bubur susu. Cara membuatnya, cairkan tepung beras dengan air hingga menjadi bubur. Jika sudah menjadi bubur, baru tambahkan ASI sehingga jadi bubur susu.

Untuk sayur dan buah, sama seperti tepung beras, olah kedua jenis makanan itu menjadi bubur atau jus. Untuk sayur, Anda bisa menambahkan ASI. Sedangkan buah, bayi biasanya lebih suka karena rasanya sudah manis. Sayur dan buah yang disarankan di antaranya wortel, tomat, bayam, pisang, jeruk pepaya dan alpukat.

Sebagai penambah rasa, jika bayi sudah mulai mengenal rasa asli sayuran atau bubur tepung beras tersebut, ibu bisa menambahkan kaldu. Buat kaldu sendiri dari ayam, sapi atau ikan.

No Response

Leave a reply "Cara Mengenalkan Dan Membuat Makanan Pendamping"