Inilah Makanan Bayi 6 Bulan Pertama

No comment 1284 views

babyfood

Selamat, Bunda! Anda sudah sukses menjalankan program ASI eksklusif selama 6 bulan. Bayi berusia di bawah 6 bulan memang hanya membutuhkan ASI untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisinya. Akan tetapi, setelah kini usianya menginjak usia 6 bulan ke atas, ASI yang Anda berikan tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi Anda. Nah, saat inilah waktu yang sempurna untuk mengenalkan MPASI pada bayi Anda. Sebelum Anda memberikan makanan bayi 6 bulan pertama, tentunya Anda wajib tahu terlebih dahulu tentang tanda bayi yang sudah siap menerima MPASI.
Setiap bayi adalah individu yang berbeda-beda, sehingga tumbuh kembang dari satu bayi dengan bayi lainnya pun tidak dapat disamakan. Akan tetapi, ada beberapa tanda yang ditunjukkan oleh bayi Anda sebagai tanda bahwa ia sudah mulai bisa makan MPASI. Salah satunya adalah, sistem motorik bayi sudah mulai berkembang dengan sempurna dengan menunjukkan koordinasi yang sangat bagus antara mata, mulut, dan tangan. Bayi Anda juga sudah mulai bisa memasukkan makanan ke mulutnya. Bayi Anda juga sudah mulai menunjukkan ketertarikan ketika melihat Bunda menyantap makanan. Refleks menelan bayi pun sudah mulai bagus. Hal tersebut ditandai dengan kemampuannya dalam menelan makanan yang Anda berikan. Jika bayi Anda belum siap, maka secara otomatis ia akan memuntahkannya kembali. Nah, sekarang simak yuk resep makanan bayi 6 bulan pertama berikut ini.
Puree Beras Merah
Sebenarnya untuk membuat puree ini, Anda bisa juga menggunakan beras putih. Dan rata-rata orang Indonesia lebih suka menggunakan beras putih karena memang lebih sering dikonsumsi daripada beras merah. Tapi harap diingat, beras merah memiliki karbohidrat kompleks, vitamin dan serat yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan beras putih.
Bahan-Bahan:
– Beras merah/beras putih secukupnya
– ASI
Cara Membuat:
– Masak beras hingga matang dan menjadi bubur. Saring airnya dan campur bubur dengan ASI. Selain ASI, Anda juga bisa mencampurnya dengan kaldu ayam untuk variasi sehingga bayi tidak bosan.
Puree Pepaya
Di usia 6 bulan, bayi juga sudah mulai bisa mengkonsumsi buah-buahan dalam bentuk puree. Salah satu buah yang sangat dibutuhkan oleh bayi adalah buah pepaya. Buah pepaya memiliki kandungan berbagai macam vitamin yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan bayi dan menjaga kekebalan tubuh bayi.
Bahan-Bahan:
– 1 potong pepaya matang
– ASI
Cara Membuat:
– Potong pepaya menjadi potongan-potongan kecil
– Blender pepaya bersama dengan ASI
– Sajikan.
Demikianlah 2 resep makanan bayi 6 bulan pertama. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Makanan Bayi 6 Bulan Pertama"