Intip Makanan Bayi Pendamping ASI, Yuk!

No comment 1029 views

Intip Makanan Bayi Pendamping ASI, Yuk!

Makanan Bayi – Saat bayi menginjak usia 6 bulan biasanya disarankan untuk memberinya makanan pendamping ASI, tujuannya agar nutrisi yang belum terpenuhi oleh ASI bisa tercukupi dengan makanan pendamping ini. Pemberian makanan pendamping ASI ini sering disebut dengan MPASI.

Makanan bayi yang diberikan tidak boleh sembarangan karena harus memenuhi kebutuhan bayi seperti zat besi, seng, folat, serta aneka vitamin dan mineral lainnya.

Lalu makanan pendamping apa saja yang sangat cocok diberikan kepada bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya? Simak ulasan berikut ini. Baca juga : 4 Tahapan Wajib Pengenalan Makanan Bayi

Makanan bayi pendamping ASI

1. Labu kuning
Makan bayi yang cocok untuk pendamping ASI yang pertama adalah labu kuning karena kaya akan serat serta mengandung vitamin C dan A. Bunda dapat mengolahnya dengan cara dipanggang atau direbus, serta dapat menambahkan taburan keju rendah garam dan campuran sayuran lain yang akan menambah cita rasanya.

2. Brokoli
Sayuran yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kandungan folat, serat, dan kalsium yang ada didalamnya. Sulfur yang terdapat pada brokoli dapat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan bayi. Untuk cara penyajiannya bisa di potong kecil – kecil, di kukus, dan dapat digunakan juga sebagai teether.

3. Daging tanpa lemak
Banyak orang yang berpendapat bahwa daging tidak cocok untuk makanan bayi. Namun kandungan seng dan besi yang ada pada daging sangatlah bermanfaat untuk bayi, tetapi bunda harus memilih daging tanpa lemak. Daging ini bisa diolah dengan cara direbus, namun sebelumnya potong kecil – kecil terlebih dahulu, serta Anda juga dapat menambahkan sayuran.

4. Jeruk Mandarin
Buah yang cocok untuk makanan bayi pendamping ASI salah satunya adalah jeruk mandarin. Kandungan vitamin C dan antioksidanya yang tinggi membuat buah ini sangat baik untuk makanan bayi. Cukup dipotong-potong dan berikan sebagai finger food.

5. Aneka sayuran berdaun hijau
Sayuran hijau memang sangat dibutuhkan karena sayuran yang berdaun hijau tersebut menandakan jumlah zat besi dan folat yang tinggi. Bayam, kale, lobak dan kailan adalah sayuran yang termasuk dalam kelompok ini. cara menyajikannya cukup dengan dikukus. Dapat juga disajikan dengan tambahan sereal.

Itulah makanan bayi yang sangat baik untuk pendamping ASI. Jangan sampai dengan memberi makanan pendamping ini membuat bunda malas untuk memberi ASI ya. Karena pemberian ASI hingga umur 2 tahun sangat dianjurkan agar bayi tumbuh cerdas

author
No Response

Leave a reply "Intip Makanan Bayi Pendamping ASI, Yuk!"