Jenis Susu Sesuai Dengan Usia Bayi

No comment 8148 views

Susu LoctagenSusu Lactogen – Bagi anda yang btidak dapat memberikan asi, jalan satu-satunya adalah membelikan susu formula.

Susu formula untuk bayi pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
– susu formula awal (usia 0-6 bulan)
– susu formula untuk lanjutan (usia 6-12 bulan)

Walaupun susu formula dapat membantu anda namun, asi tetaplah yang terbaik sehingga susu formula yang baik adalah susu yang yang memiliki kandungan nutrisi yang hampir mendekati  atau mirip dengan asi. Kandungan nutrisi susu biasanya terletak di luar kemasan sehingga anda dapat dengan mudah membacanya.

Kita semua ketahui bahwa ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi yang tak ada bandingannya. Namun, adakalanya susu formula terpaksa diberikan kepada bayi karena suatu indikasi medis atau indikasi lainnya. Jika memang bayi anda terpaksa menggunakan susu formula, ada baiknya mengenal dahulu susu formula yang akan diberikan. Secara umum, susu formula dibagi menjadi formula standard dan formula khusus.

Susu formula standar merupakan susu formula berbahan dasar susu sapi, yang dapat diberikan untuk bayi cukup bulan (bukan prematur) yang memiliki kenaikan berat badan baik, tidak memiliki riwayat alergi makanan, ataupun tidak memiliki kebutuhan khusus lainnya terhadap susu.

Walaupun berbahan dasar susu sapi namun susu formula standar memiliki komposisi zat gizi makro dan mikro yang mengacu kepada ASI. Susu formula standar umumnya dibagi berdasarkan usia:

  • Susu formula awal

Merupakan susu yang dibuat dengan komposisi berusaha menyerupai / mendekati komposisi ASI. Meskipun demikian pada kenyataannya memang tidak ada yang dapat menyamai kandungan ASI. Susu formula awal biasa memiliki logo angka 1 dan diperuntukkan untuk bayi baru lahir sampai usia 6 bulan.

  • Susu formula lanjutan

Pada usia 6 bulan ke atas bayi memang mulai mengonsumsi makanan padat namun bayi masih dalam tahap belajar.Formula lanjutan memiliki kandungan gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan di usia 6-12 bulan.

  • Susu formula tumbuh kembang

Susu ini ada yang diperuntukkan untuk anak usia 1-3 tahun dan susu untuk usia 3 tahun ke atas. Perlu diketahui bahwa konsumsi utama anak usia 1 tahun ke atas adalah makanan padat yang sudah sama dengan makanan keluarga. Penambahan 2 gelas susu dalam sehari sudah cukup untuk memenuhi kadungan gizi anak di luar makanan utama anak tersebut. Contoh suus yang baik adalah susu lotagen 3 yang cocok untuk bayi usia 1 tahun

No Response

Leave a reply "Jenis Susu Sesuai Dengan Usia Bayi"