Kenali 6 Makanan Penyebab Sembelit Si Kecil

No comment 2499 views

sembelit

Halo, apa kabar si Kecil di rumah? Pernah tidak si Kecil mengalami kesusahan buang air besar atau sembelit? Tentu saja, hal ini disebabkan makanan bayi yang dikonsumsi sehingga mengganggu sistem pencernaan yang belum sempurna ini.

Jika orang dewasa tersiksa dengan sembelit, pastinya si Kecil juga sangat menderita sehingga menangis terus-menerus. Oleh karena itu, ketahuilah 6 jenis makanan bayi ini yang dapat menyebabkan sembelit:

  • Susu formula

Rasa susu formula yang enak dan gurih membuat si Kecil memfavoritkannya. Nutrisi baik pada susu dibutuhkannya untuk menunjang tumbuh kembang yang maksimal. Namun, susu juga menyebabkan sembelit karena rendahnya kandungan serat dan protein.

  • Yoghurt

Yoghurt yang merupakan produk fermentasi dari susu ini sudah pasti menyebabkan sembelit si Kecil. Jangan biarkan si Kecil mengonsumsi yoghurt saat ia mulai mengalami gangguan pencernaan. Ibu tentu harus memantau konsumsi yoghurt agar si Kecil tidak tersiksa dengan sembelit yang mengintainya.

  • Keju

Keju yang juga merupakan produk turunan dari susu sudah pasti menyebabkan sembelit. Jika si Kecil gemar menyantap sajian berbahan keju, tentu harus diimbangi dengan sayur dan buah yang bisa memperlancar buang air besarnya.

  • Nasi

Makanan pokok bangsa Indonesia ini cenderung menyebabkan sembelit karena rendah serat. Ibu bisa memberikan selingan beras merah pada kudapannya untuk mengimbangi nasi yang dikonsumsinya.

  • Wortel yang dimasak

Ternyata, pemberian wortel yang telah dimasak sebagai camilan sehat untuk bayi bisa memicu sembelit yang menyiksa. Padahal, si Kecil lahap dengan sajian wortel yang telah dimasak karena teksturnya yang lembut dan warna yang menggoda selera.

  • Pisang

Pisang direkomendasikan untuk membantu meringankan diare pada anak-anak dan orang dewasa. Sebab, konsumsi pisang bisa membantu untuk membuat tinja menjadi lebih keras. Oleh karena itu, memberikan pisang pada makanan bayi akan membuat kotoran si Kecil menjadi lebih keras sehingga menyebabkan sembelit.

Nah, itulah 6 makanan bayi yang menyebabkan sembelit. Konsultasikan dengan dokter mengenai makanan bayi apa saja yang layak dimakan agar si Kecil terhindar dari penderitaan sembelit. Berikan makanan bayi yang terbaik agar si Kecil selalu bahagia untuk menjalani aktivitasnya. Semangat, Bu.

author
No Response

Leave a reply "Kenali 6 Makanan Penyebab Sembelit Si Kecil"