Makanan Bayi – Cara Memilih Makanan Sesuai Dengan Usia Bayi

Bayi Makan

Makanan Bayi – Tips Memilih Makanan Bayi Sesuai Usia – Menjadi seorang ibu memang tidaklah mudah. Selain harus mengurus berbagai pekerjaan rumah tangga, ibu juga harus mengetahui takaran tepat untuk makanan bayinya yang disesuaikan dengan kebutuhan gizi di usianya.

Dengan mengetahui takaran makanan yang tepat ini, bayi akan terpenuhi kebutuhan gizinya setiap hari. Berikut ini merupakan tips memilih makanan bayi.

Bayi yang berusia 4 sampai 7 bulan sebaiknya memakan sereal gandum dan buah atau sayuran yang dihaluskan. Makanan bayi yang aman untuk usia antara 9 sampai 12 bulan adalah pasta, unggas atau daging yang dicincang halus.

Jika sudah berusia 1 tahun ke atas maka kita bisa mulai memperkenalkan susu sapi, tentu saja setelah berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. Keinginan orang tua untuk bisa menemukan makanan bayi yang sesuai adalah banyaknya kasus kegemukan pada anak.

Kegemukan sendiri bisa mengakibatkan diabetes, asma, gangguan tidur dan sebagainya.Untuk mencegahnya kita harus memberikan asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.

Jangan membatasi anak dibawah usia 2 tahun dalam diet ketat karena ingin memastikan hanya memberikannya makanan bayi yang aman. Kita bisa menemukan banyak resep makanan yang sesuai untuk anak tanpa menghambat kebutuhan nutrisinya.

Buah-buahan
Selain menjadi sumber vitamin dan mineral, buah-buahan juga menjadi sumber serat yang bagus. Menginjak usia 6-8 bulan, bayi bisa diberikan buah-buahan seperti jeruk, pepaya, pisang, dan tomat. Buah bisa diberikan dalam bentuk jus.

Khusus tomat, rebuslah lebih dulu setelah dicuci bersih, lalu disaring untuk diambil airnya. Atau, si buah hati bisa diperkenalkan ‘finger foods’, yaitu snack yang dapat dimakan oleh bayi sendiri (tidak perlu disuapi), seperti buah yang dipotong-potong ukuran kecil sehingga bayi dapat makan sendiri. Makanan halus ini diberikan 2-3x/hari.

Buah-buahan lainnya seperti melon, alpukat, semangka, pir, dan lainnya dapat diberikan mulai usia 6 bulan. Namun hindari buah-buahan yang bergetah. Karena dapat menimbulkan diare seperti sawo, nenas, durian, mangga dan lainnya.

No Response

Leave a reply "Makanan Bayi – Cara Memilih Makanan Sesuai Dengan Usia Bayi"