Menyulap Buah Menjadi Bubur Sehat untuk si Kecil

bubur bayi sehat

Bayi sehat- Apakah makanan yang dapat membuat bayi sehat?  Masa tumbuh kembang bayi membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukungnya tumbuh sehat. Salah satu cara membuat bayi sehat dan cerdas adalah memberikan makanan yang penuh gizi setiap harinya.

Salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan bayi adalah buah-buahan. Untuk usia 6 bulan, tentunya buah segar tidak disarankan untuk dikonsumsi secara langsung dan harus diolah terlebih dahulu menjadi bentuk yang lebih halus dan mudah dicerna. Nah, Ibu dapat menyulap buah-buahan tersebut menjadi semangkuk bubur buah sehat yang lezat. Bagaimana cara membuat bubur bayi sehat? Temukan jawabannya berikut ini:

  1. Apel

Buah apel memiliki kandungan gizi berupa kalium, magnesium, fosfor serta beberapa vitamin A dan C. Anda dapat membuat bubur apel yang sehat untuk menu makan buah hati. Cara membuat bubur buah bayi yang sehat ini cukup mudah dan sederhana. Anda cukup menyiapkan apel yang telah dikupas dan dicuci bersih lantas memotongnya kecil-kecil. Setelah itu, masukkan ke dalam panci berisi air dan masak hingga sedikit lunak. Angkat dan segera haluskan apel tersebut untuk mendapatkan bubur apel yang sehat.

  1. Pisang

Selain membuat bubur apel, Anda dapat mencoba kreasi lain dengan buah pisang. Buah pisang dikenal memiliki kandungan kalium, fosfor, vitamin A, dan asam folat yang dibutuhkan untuk tubuh. Untuk membuat sebuah bubur bayi sehat, Anda cukup memotong pisang yang sudah masak menjadi beberapa bagian kecil-kecil. Agar pisang tidak cepat berubah warna, sebaiknya tambahkan perasan air jeruk. Setelah itu, tambahkan sedikit susu dan haluskan hingga lembut. Selain dibuat bubur, pisang juga dapat disajikan langsung pada bayi dengan menyendokkan daging buahnya sedikit demi sedikit.

  1. Pir

Buah pir mengandung sedikitnya kalium, fosfor, kalsium, dan vitamin C. Untuk dapat membuat bubur buah pir yang sehat, terlebih dahulu potonglah sebuah pir segar menjadi beberapa bagain yang kecil. Kukuslah beberapa saat hingga daging buah menjadi lunak dan kemudian haluskan. Bubur buah pir ini dapat dikolaborasikan juga dengan bubur apel.

  1. Jeruk

Sama seperti buah-buahan di atas, jeruk juga memiliki kandungan kalium, kalsium, vitamin A dan C, asam folat, dan juga kaya serat. Anda tidak harus menyajikan jeruk ini dalam bentuk bubur, tetapi dapat langsung memeras air jeruk dan meminumkannya pada si Kecil. Pastikan jeruk yang dipilh adalah jeruk yang manis dan tidak masam.

Selain buah-buahan tersebut, Anda dapat membuat bubur bayi sehat dengan menggunakan buah-buah  lain yang juga kaya nutrisi. Jangan lupa untuk selalu menggunakan buah segar dan bersih sebagai bahan dasarnya, ya, Bu. Selamat mencoba!

author
No Response

Leave a reply "Menyulap Buah Menjadi Bubur Sehat untuk si Kecil"