Moms, Ketahui Dampaknya Sebelum Terapkan Metode BLW

Katalogibu – Moms pasti sudah tidak asing mendengar metode Baby Lead Weaning atau yang biasa disebut BLW yang saat ini memang sangat gencar dibicarakan dikalangan ibu-ibu muda, seperti salah satu penyanyi cantik Indonesia Andien yang menerapkan metode ini dan mendapat pro dan kontra dari para netizen.

BLW adalah Baby Lead Weaning, yaitu pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) secara langsung tanpa melalui tahapan tekstur makanan. Ini merupakan sebuah alternatif pemberian MPASI yang mengharuskan bayi memakan makanan padatnya sendiri baik buah maupun sayur. Metode ini pertama kali diperkenalkan dari negara maju seperti Selandia Baru, Autralia dan UK.

Metode ini juga bisa menjadi self-control untuk bayi karena sang bayi bisa menentukan sendiri jumlah makanan yang dibutuhkan untuk mengurangi risiko obesitas pada bayi. Namun, metode ini masih kurang cocok diterapkan di Indonesia, dibanding metode konvensional yang kebanyakan ibu di Indonesia masih khawatir dengan keamanan metode BLW. Metode ini memang memiliki respon positif dan negatif.

Dampak positif dari metode BLW :

  1. Menjadikan bayi lebih mandiri karena terbiasa menentukan makanan yang ingin dikonsumsinya
  2. Bayi dapat mengenal berbagai macam variasi makanan sejak dini
  3. Menjadikan bayi lebih dekat dengan keluarga karena waktu makan bersama
  4. Melatih motoric bayi lebih cepat terstimulasi karena koordinasi mata dan tangan dapat bekerja lebih baik
  5. Merangsang tumbuhnya gigi pada bayi akibat gesekan-gesekan karena lengkungan gigi yang bertambah saat ada tekanan pada gusi

Dampak negative dari metode BLW :

  1. Risiko tersedak yang tinggi, ini dikarenakan bayi memasukkan makanannya sendiri ke dalam mulut
  2. Asupan nutrisi yang kurang, karena yang dikonsumsi bayi tidak diketahui pasti nutrisi yang masuk, si bayi lah yang menentukan sendiri jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh si bayi.
  3. Kekurangan zat besi, saat usia 6 bulan, kadar zat besi dalam tubuh bayi akan menurun sehingga diperlukan asupan zat besi yang cukup dari MPASI

Menurut dr. Lucia Nauli Simbolon para dokter tidak menyarakan untuk menerapkan metode Baby Lead Weaning karena belum pernah diteliti secara khusus, hanya sebatas studi observational dalam kelompok-kelompok kecil.

Semua kembali lagi kepada para ibu ingin menerapkan metode Baby Lead Weaning atau metode konvensional yang sudah umum diterapkan di Indonesia kepada para buah hatinya. Karena nutrisi dan gizi para bayi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati ya Mom.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ketahui Dampaknya Sebelum Terapkan Metode BLW"