Naikkan Berat Badan Bayi dengan Sarapan Sereal

berat badan bayi

Selain ASI, makanan padat adalah salah satu media terbaik untuk menambah berat badan bayi. Umumnya, Anda sudah bisa memulai mengenalkan makanan bayi ini pada pada buah hati ketika usianya memasuki 4 hingga 6 bulan. Untuk perkenalan dan membiasakan bayi dengan makanan padat, biasanya sereal bayi banyak dipilih sebagai pendamping ASI.

Untuk pertama kalinya, sereal bisa jadi seperti ‘makanan asing’ bagi bayi. Untuk itu, bisa jadi Anda akan menemui beberapa kesulitan atau penolakan ketika mencoba menyuapkan sereal ke mulutnya. Nah, untuk mengatasi ini, berikut ini ada beberapa tips meningkatkan berat badan bayi dengan sarapan sereal. Bagaimana agar Anda tak mendapat penolakan darinya? Ini dia tipsnya:

  1. Awali dengan pemberian susu

Jika Anda mendapati bayi rewel ketika mendapat suapan sereal pertamanya, itu adalah hal yang wajar sebab sebelumnya ia telah terbiasa dengan ASI atau susu formula. Untuk menghilangkan keasingan ini, cobalah untuk mengawalinya dengan memberikan susu atau ASI terlebih dahulu. Seteleh itu, cobalah tawarkan sedikit demi sedikit saja sereal ke mulutnya hingga ia merasa menikmati makanan barunya.

  1. Pakai porsi kecil

Untuk suapan pertama, sebaiknya gunakan sendok teh atau sendok yang berukuran kecil saja. Meskipun ini akan memakan waktu dan kesabaran Anda, namun cara ini cukup efektif untuk menghindarkan bayi dari rasa bosan dan eneg terhadap suapan yang berlebihan atau terlalu banyak.

  1. Selingi obrolan

Buatlah suasana makan menjadi menyenangkan dan terasa nyaman untuk buah hati. Jika ia merasa senang dan nyaman, otomatis ia pun akan dapat melahap habis makanannya dengan riang dan ini sangat baik untuk pertambahan berat badan bayi. Untuk itu, cobalah selingin atau mengajaknya ngobrol sambil menunjukkan ekspresi atau senyum yang menyenangkan.

  1.  Sudahi ketika kenyang

Tentunya Anda dapat mengenali kapan bayi merasa kenyang atau lapar, bukan? Nah, inilah untungnya menyuapinya dengan porsi sedikit demi sedikit, Anda akan bisa mengetahui jika sudah merasa kenyang. Saat merasa kenyang, bayi akan menampik sendok Anda atau memalingkan wajahnya tanda ia sudah tak ingin makan. Jika sudah begini, hentikanlah suapan Anda dan jangan memaksanya untuk terus makan.

Nah, selain cara tersebut, untuk menambah berat badan bayi dan membuat bayi doyan makan, Anda bisa lebih kreatif dengan mengreasikan atau menambahkan sayuran atau buah-buahan yang tentunya akan lebih memperkaya nutrisi. Semoga bermanfaat ya!

author
No Response

Leave a reply "Naikkan Berat Badan Bayi dengan Sarapan Sereal"