Nutrisi Anak – Makanan Bernutrisi Yang Cocok Untuk Balita

Nutrisi Balita

Nutrisi balita – Banyak jenis makanan yang bisa di buat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi balita. buah-buahan dan sayur-sayuran adalah makanan yang sangat banyak mengandung nutrisi yang cocok untuk balita, tidak hanya balita, orang dewasa juga masih sangat membutuhkan sayur dan buah untuk kebutuhan nutrisinya.

Terdapat juga nutrisi yang tercipta dari hewan, contohnya adalah susu dan telur. Makanan itu sangatlah penuh dengan nutrisi yang cocok untuk balita. Untuk yang ingin tahu makanan apakah yang berisikan nutrisi untuk balita yang sangat cocok. berikut adalah poin-poin penjelasnnya.

  • Telur

Sebutir telur yang besar mengandung banyak nutrisi yang cocok untuk balita. Dalam 75 kalorinya terdapat: protein, vitamin A, vitamin B, serta seng. Dan jangan khawatir tentang kolesterol telur: Anda boleh makan satu butir per hari dan itu sudah mencukupi nutrisi orang tuda dan balita dalam sehari.

  • Susu, bebas lemak atau rendah lemak (1%)

Kira-kira 200 ml gelas dari 1% susu mengandung 100 kalori dan merupakan sumber protein, nutrisi, kalsium, vitamin D, serba vitamin A yang bagus untuk balita dan orang tua. Sesekali cobalah susu rendah lemak dan oatmeal cookies dengan balita.

  • Avokad

Separo avokad, kira-kira 140 kalori, adalah sumber oke dari lemak tidak jenuh, serat potasium, serta vitamin C, plus beberapa protein.

  • Brokoli

Sayur hijau ini termasuk makanan yang bisa meningkatkan tenaga: rendah kalori dan kaya serat, asam folat, beta karoten, vitamin C, dan fitokimia (si pelindung kesehatan), plus beberapa zat besi dan kalsium.

  • Pisang

Pisang tidak hanya memiliki rasa yang manis dan disukai oleh balita, tetapi buah ini juga mengandung zat nutrisi penting yang dibutuhkan oleh balita, seperti karbohidrat, zat besi, kalium, vitamin C, dan potassium. Selain itu pisang juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan bayi. Untuk menyuguhkan buah lezat ini untuk makanan bayi Anda, Anda dapat menghaluskannya menjadi puree untuk memudahkan balita Anda mengkonsumsinya.

  • Yoghurt

Yoghurt mengandung berbagai macam lemak esensial, protein, fosfor, dan kalsium. Yang mana kesemuanya sangat dibutuhkan oleh bayi untuk mendukung perkembangan tulang dan gigi balita. Selain itu, kandungan bakteri baik, atau probiotik yang terdapat di dalam yoghurt dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi.

Akan tetapi, yoghurt merupakan produk olahan susu dengan kandungan laktosa yang tinggi. Sehingga bisa jadi yoghurt menimbulkan reaksi alergi bagi balita yang berusia di bawah 1 tahun. Jadi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak Anda ya, Moms.

  • Ayam

Ayam kaya akan protein dan vitamin B6 yang berguna untuk meningkatkan penyerapan nutrisi sekaligus untuk menunjang pembentukan sel-sel tubuh sehingga bayi tetap sehat dan fit.

  • Roti whole-wheat

Bran dan germ mengandung serat, mineral, trace mineral, fitokimia, antioksidan, vitamin, dan lemak tak jenuh. Cobalah pita dan roti dari whole-wheat, serta muffin yang terbuat dari sedikitnya ½ tepung whole-wheat.

  • Ubi

Kaya akan vitamin A dan C, serat, dan banyak lagi. Menguraikan karbo secara lambat, sehingga membantu kadar gula darah tetap pada level yang sehat.

Masa-masa sebelum bayi menginjak usia 5 tahun juga dikenal dengan masa Golden Years, atau Tahun Emas. Dijuluki demikian, karena pada rentang usia tersebut otak bayi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan pertumbuhan otak yang sedemikian pesat, Anda tentu saja tidak hanya berfokus pada proses pembelajaran saja, tapi juga wajib menyediakan berbagai macam makanan bergizi dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk mendukung perkembangan otak anak.

Bayi Anda membutuhkan asupan protein, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah yang sangat besar. Hal tersebut dikarenakan saat usianya menginjak 1 tahun, 60% dari asupan energi tersebut akan habis digunakan untuk mendukung pertumbuhan otak si kecil.

Tak hanya itu, bayi Anda juga membutuhkan kandungan vitamin B1, B6, asam folat, yodium, zat besi, seng, AA, dan DHA untuk membantu perkembangan organ mata dan juga untuk memaksikmalkan kecerdasan bayi. Lebih lanjut lagi, bayi Anda juga membutuhkan asupan sphyngomyelin, asam sialic, serta kandungan asam amino yang lain, seperti Tyrosine dan Tryptophan.

Informasi tentang makanan-makanan di atas adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk balita. Jadi untuk orang tua di anjurkan untuk memberika nutrisi yang sangat cukup untuk balita, agar mereka bisa tumbuh aktif dan cerdas.

No Response

Leave a reply "Nutrisi Anak – Makanan Bernutrisi Yang Cocok Untuk Balita"