Pemberian Makanan Pendamping ASI Harus Di Usia 6 Bulan

Tumbuh Kembang BalitaMakanan PendampingPemberian Makanan Pendamping ASI bagi bayi setelah berumur 6 bulan adalah penting untuk diketahui dan dipahami oleh para ibu. Karena memang pemberian ASI Eksklusif adalah sampai bayi usia 6 bulan, yaitu pemberian hanya air susu ibu saja tanpa tambahan makanan yang lain selain ASI. Setelah bayi berumur 6 bulan sudah saatnya sang bayi dikenalkan dengan makanan selain ASI.

MP ASI (Makanan Pendamping – Air Susu Ibu) adalah makanan atau minuman selain ASI yang mengandung nutrisi yang diberikan kepada bayi setelah bayi siap atau berusia 6 bulan sampai bayi berusia 24 bulan. Jadi selain makanan pendamping ASI, ASI-pun harus tetap diberikan kepada bayi, paling tidak sampai usia 24 bulan atau 2 tahun. Peranan makanan pendamping ASI sama sekali bukan untuk menggantikan ASI melainkan hanya untuk melengkapi ASI dalam hal pemenuhan kebutuhan akan gizi nutrisi sang bayi. Inilah yang dimaksud dengan pengertian definisi MPASI itu sendiri.

Jangan memberikan Makanan Pendamping ASI terlalu cepat (sebelum usia 6 bulan). Di samping pencernaannya belum sempurna, tindakan itu hanya akan memperbesar potensi bayi terkena alergi makanan.

Juga, pemberian MPASI terlalu cepat akan menyebabkan insting bayi untuk mengisap akan menurun sehingga jumlah ASI yang dikonsumsi juga menurun. Kekurangan gizi banyak terjadi karena pemberian Makanan Pendamping ASI yang terlalu dini.

Jangan pula berikan Makanan Pendamping ASI terlambat (hanya ASI saja setelah 6 bulan ke atas). Tak baik bagi pertumbuhannya. Bayi bisa menderita kekurangan gizi, berat dan panjangnya tidak sesuai dengan yang seharusnya dicapai. Karena ASI sesudah usia 6 bulan tidak bisa mencukupi kebutuhan bayi lagi.

Berikan Makanan Pendamping ASI saat bayi berusia 6 bulan ke atas. Mengapa? Biasanya saat itu, bayi sudah bisa menopang kepalanya sendiri secara tegak dan menegakkan dadanya. Dengan demikian bisa dikatakan proses menelannya sudah lebih baik. Sedangkan jika kepalanya masih goyang-goyang, ditakutkan proses menelannya belum sempurna, maka dikhawatirkan akan tersedak. Juga, fungsi pencernaan bayi pada usia tersebut sudah lebih baik.

No Response

Leave a reply "Pemberian Makanan Pendamping ASI Harus Di Usia 6 Bulan"