Pepaya: Camilan Sehat Kaya Manfaat

No comment 1938 views

pepaya

Bu, apakah si Kecil doyan menyantap pepaya? Buah dengan warna oranye cerah ini baik dikonsumsi sebagai makanan bayi di usia emas si Kecil. Rasanya yang manis dan segar juga pasti membuah buah hati ketagihan saat memakannya.

Untuk mendapatkan pepaya, bukanlah hal yang susah karena bisa dengan mudah ditemukan di pasar. Ibu juga bisa memanfaatkan area kosong di halaman untuk menanam pohon pepaya. Dengan menanam sendiri, tentu Ibu bisa memanfaatkan daun pepaya dan buah mudanya untuk sayur.

Perlu ibu ketahui, kebutuhan harian nutrisi balita harus terpenuhi dengan baik untuk mendukung tumbuh kembangnya. Manfaatkan buah pepaya untuk membantu memenuhi kecukupan serat dan vitamin dalam tubuhnya. Berikut, manfaat buah pepaya sebagai makanan bayi:

  • Kaya antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang memerangi radikal bebas sehingga tubuh terpelihara dengan baik. Kandungan vitamin C, flavoid, folat, vitamin A, asam panthotenic, mineral, magnesium, vitamin E, kalium, serat, dan vitamin B juga banyak terkandung pada buah asal Kostarika dan Meksiko ini.

Pepaya juga bisa mencegah kanker usus dan melindungi sistem kardiovaskular. Kandungan yang sangat melimpah ini tentu Ibu harus manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi balita. Dengan begitu, perkembangan tubuhnya akan berjalan lancar dan optimal.

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Banyaknya vitamin A dan B yang terdapat pada buah pepaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh si Kecil. Balita yang mudah terserang flu, batuk, dan infeksi tentunya bisa dicegah dengan memperbanyak konsumsi buah berbentuk lonjong ini.

  • Menjaga sistem pencernaan

Zat papain yang terkandung di dalam pepaya bisa menunjang tubuh balita untuk mencerna makanan. Jika si Kecil mengalami gangguan pada pencernaannya, berikan pepaya untuk membantu meredakan sakitnya tersebut.

Kandungan enzim papain dan chymopapain juga mampu mengurangi peradangan seperti luka akibat terjatuh. Si Kecil yang aktif memang terkadang sering kali terjatuh. Manfaatkan pepaya sebagai makanan bayi untuk membantu mempercepat penyembuhan lukanya.

  • Menjaga kesehatan paru-paru

Membantu menyempurnakan dan memelihara kerja paru-parunya merupakan tugas vitamin A yang banyak terkandung pada buah pepaya. Berikan pepaya sesuai porsi makanan bayi agar kebutuhan gizi hariannya terpenuhi dengan baik.

Nah, itulah manfaat pepaya untuk makanan bayi. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi balita, pepaya membantu untuk memelihara kesehatannya. Dengan memberikan yang terbaik tentu dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Selamat mencoba Bu.

author
No Response

Leave a reply "Pepaya: Camilan Sehat Kaya Manfaat"