Ragam “Makanan Pertama” Paling Tepat untuk Bayi

Ragam Makanan Pertama Paling Tepat untuk BayiMakanan Bayi – Memperkenalkan makanan bayi tentunya harus dilakukan dengan memilih ragam makanan yang paling tepat dengan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuhnya dan tekstur yang tidak membahayakan sistem pencernaannya. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan dan si Kecil yang masih belum toleran terhadap semua jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh orang dewasa.

Dengan memilih ragam makanan yang tepat untuk memperkenalkan jenis makanan baru pada si Kecil yang akan memenuhi kebutuhannya sehari-hari, Bunda bisa menghindari beragam zat makanan yang bisa memberikan efek negatif untuk perkembangan tubuh dan juga pencernaan si Kecil. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ragam makanan bayi yang sangat cocok untuk diberikan sesuai dengan rekomendasi dariĀ  Wholesome Baby Food dan What To Expect: Pregnancy and Parenting:

  • Buah-buahan

Buah-buahan yang tinggi serat, vitamin, dan mineral dapat menjadi salah satu sumber nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan si Kecil agar lebih optimal. Bunda bisa memilih jenis buah yang memiliki tekstur lembut dan mengandung nutrisi yang diperlukan oleh si Kecil, yaitu aplukat, apel, aprikot, pir, dan pisang. Sajikan buah dalam bantuk creamy yang dicampur dengan ASI atau susu formula untuk menambah kandungan nutrisinya.

  • Sayuran

Sayuran adalah salah satu jenis makanan bayi pertama yang sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan si Kecil, bahkan beberapa jenis sayuran juga memiliki potensi yang lebih kecil untuk menimbulkan alergi pada buah hati daripada jenis makanan lain. Memilih sayuran yang paling tepat untuk si Kecil yang baru akan mengenal menu sayuran pada pola makannya, pilhlah jenis sayuran berwarna kuning atau oranye, seperti ubi jalar dan wortel.

Bunda juga bisa memilih kentang untuk variasi menu harian karena kentang yang dimasak secara matang memiliki tekstur yang sangat lembut dan sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan si Kecil yang masih sensitif. Jenis makanan bayi ini juga memiliki kandungan magnesium, potasium, hingga kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhannya. Setelah itu, lengkapilah beragam jenis sayuran dengan menambahkan sayuran hijau seperti buncis dan kacang polong.

  • Sereal

American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk memilih makanan bayi berupa sereal yang mudah dicerna. Untuk pertama kali memperkenalkan produk sereal pada si Kecil, pilihlah jenis produk yang mengandung unsur biji-bijian seperti beras merah, oat, dan gandum. Untuk menyajikannya, Bunda bisa mencampurkan sereal dengan sedikit ASI atau susu formula untuk mencipatakan tekstur yang lembut dan creamy.

Dengan memperkenalkan ragam makanan pertama paling tepat untuk si Kecil, Bunda bisa memaksimalkan kandungan nutrisi untuk kesehatannya dan meminimalkan kandungan jenis makanan yang dapat memberikan pengaruh negatif untuk pencernannya. Jangan ragu untuk mengolah makanan bayi dengan resep dan tips sehat agar si Kecil bisa tumbuh dengan sehat dengan ragam makanan lezat dan bermanfaat.

No Response

Leave a reply "Ragam “Makanan Pertama” Paling Tepat untuk Bayi"