Ragam Susu Formula yang Sebaikny Anda Tahu

Ragam Susu Formula yang Sebaikny Anda Tahu

Susu formula – ASI eksklusif usai, saatnya bunda memilih susu fprmula yang tepat. Teknologi pembuatan sufor (susu formula) boleh dibilang maju pesat; kandungan nutrisinya diiklankan makin mendekati ASI. Apa pun isinya, yang pasti komposisi susu formula harus mengikuti aturan yang dibuat badan dunia yang disebut Codex Alimentarius Comission. Menurut Codex, senyawa tambahan yang telah terbukti secara ilmiah bermanfaat serta aman dikonsumsi bayi adalah DHA, nukleotida dan taurin.

Sebelum Anda membeli susu formula untuk buah hati Anda sebaiknya kenali dahulu ragam susu formula yang ada saat ini:

  • Soya

Dibuat dari protein kacang kedelai dan ditujukan bagi bayi yang alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, dan anak vegetarian murni.  Saat ini jarang sekali bayi baru menderita intoleransi laktosa (jadi lupakan susu formula yang bebas laktosa, juga); plus banyak anak yang alergi susu sapi juga alergi kedelai. Kini, sebagian dokter meninggalkan susu ini dan beralih ke susu hydrolysate.

  • Hydrolysate

Susu formula ini terbuat daru protein susu sapi dipecah agar susu lebih mudah dicerna dan ditujukan bagi  bayi yang alergi makanan atau intoleransi laktosa. Menurut penelitian sekitar 2% bayi yang alergi susu dan punya masalah pencernaan. Dokter akan menyarankan mengganti susu formula bila kondisi bayi sangat parah (harga susu hydrolysate hampir 2 kali lipat dari susu formula biasa).

  • Organik

Susu formula ini bebas pestisida, hormon pertumbuhan, dan antibiotika. Bagi Anda yang tidak keberatan mengeluarkan uang lebih demi ketenangan pikiran. Juga, hanya sedikit bukti yang menunjukkan, susu formula biasa mengandung pestisida, hormon pertumbuhan, dan antibiotika yang berbahaya.

  • Rice starch

RIce starch ditambahkan untuk mengentalkan susu formula dan susu ini diperuntukan untuk bayi yang muntah-muntah hebat, sehingga butuh susu formula yang bisa membantunya untuk memperoleh kecukupan kalori. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang penggunaan susu formula dengan sedikit air, atau penggunaan antacid. Jika dokter menyarankan jenis susu ini, lebih murah untuk menambahkan sendiri sereal beras pada susu. Catatan: Hanya bayi yang sudah cukup umur untuk makan makanan padat boleh diberi sereal beras dalam susu formulanya.

  • Preterm

Susu formula ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi prematur karena bayi prematur butuh lebih banyak kalori dan lemak yang mudah diserap agar bayi tumbuh baik, dokter bisa membantu Anda untuk memutuskan apakah harus mengganti susu formula biasa di usia 6 bulan atau tidak; beberapa anak memang bisa lebih cepat diganti susunya (lebih cepat lebih baik, sebab terlalu banyak susu ini bisa membuat bayi menjadi gemuk).

  • Probiotik

Bakteri baik ditambahkan untuk memperkuat usus dan sistem kekebalan tubuh dan baik digunakan untuk bayi yang sehat.

  • Susu formula untuk batita

Susu formula ini mengandung lebih banyak kalsium dan nutrisi lain dan ditujukan untuk usia bayi 9-24 bulan yang suka pilih-pilih makanan dan tidak mendapat cukup nutrisi dari makanan. Kondisi si pemilih makanan bisa semakin buruk bila tidak didorong untuk mencoba makanan padat.

Itulah ragam susu formula yang ada di pasaran. Semoga setelah mengetahui informasi di atas, Anda tidak kesulitan lagi saat menemukan susu formula yang tepat bagi si Kecil.

 

No Response

Leave a reply "Ragam Susu Formula yang Sebaikny Anda Tahu"