Resep MPASI Tepat untuk Bayi 6 Bulan

No comment 11042 views

Resep MPASI Tepat untuk Bayi 6 Bulan

Resep MPASI – Badan Kesehatan Dunia atau WHO menerapkan agar bayi diberi ASI eksklusif hingga usianya 6 bulan karena ASI memiliki nutrisi yang kompleks dan dibutuhkan bayi hingga umur tersebut. Setelah bunda berhasil memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan barulah dilanjutkan dengan pemberian MPASI. Karena semakin bertambahnya usia bayi maka kebutuhan nutrisinya pun juga semakin bertambah.

Namun pemberian MPASI harus benar jangan sampai makanan yang diberikan terlalu kasar dan padat karena pencernaan bayi masih belum begitu kuat dan jika bunda memberikan makanan dengan tekstur yang kasar akan menyebabkan bayi sembelit. Lalu makanan seperti apa yang tepat diberikan kepada bayi usia 6 bulan? Berikut adalah resep MPASI untuk referensi bunda di rumah.

Resep MPASI bayi 6 bulan

1. Resep MPASI yang pertama ini sangat mudah dibuat, siapkan bahan – bahan berikut :
Bahan :
– Beras merah atau beras putih secukupnya
– Air susu ibu (ASI)

Cara membuat :
Masak beras merah atau beras putih yang sudah dibersihkan hingga menjadi bubur kemudian disaring dan tambahkan dengan ASI. Ingat bubur jangan terlalu kasar ya bunda!

2. Resep yang kedua yaitu bubur susu, bahan yang disediakan adalah sebagai berikut :
Bahan :
– 10 gram tepung sagu / tepung maizena / tepung kacang hijau / tepung beras
– 200 ml Air susu ibu (ASI)

Cara membuat :
Anda bisa membuat bubur susu dengan menggunakan salah diantara tepung di atas namun jangan menggunakan tepung terigu. Cara memasaknya dengan menambahkan sedikit air lalu tunggu hingga matang kemudian letakan pada mangkuk lalu campur dengan ASI. Agar lebih terjamin kualitasnya Anda bisa membuat tepung sendiri.

3. Resep MPASI pure avokad, berikut bahan dan cara membuatnya :
Bahan :
– 50 gram buah avokad
– 30 ml Air susu ibu (ASI)

Cara membuat :
Bersihkan dan potong – potong avokad, kemudian blender dengan menambahkan sedikit air. Setelah itu campurkan dengan ASI dan aduk hingga rata.

4. Resep MPASI berikutnya yaitu pure pisang :
Bahan :
– 50 gram pisang, Anda bisa menggunakan pisang ambon
– 30 ml Air susu ibu (ASI)

Cara membuat :
Kupas lalu potong – potong pisang dan kemudian blender hingga lembut dengan ASI. Setelah itu tuang ke mangkuk bayi dan bisa langsung diberikan kepada bayi.

5. Resep MPASI Bubur Kentang

Bahan :

30 ml ASI atau susu formula
50 gram kentang
air untuk merebus

Cara Membuat :
Rebus kentang hingga empuk dan airnya tersisa sedikit lagi. masukkan susu, rebus sampai mendidih dan kentangnya lunak. angkat. tunggu sampai dingin, tuangkan dalam mangkuk dan sajikan

6. Resep MPASI Bubur Mangga Pisang

Bahan :
1 buah pisang ambon matang, kerok dengan sendok
1 buah mangga manis. kupas dan ambil daging buahnya

Cara Membuat :
haluskan pisang dan mangga dengan sendok atau bisa diblender dgn sedikit air. tambahkan susu untuk pengencer lalu tuang semuanya ke dalam mangkuk. sajikan segera
100 ml ASI atau sufor

Itulah beberapa resep MPASI untuk bayi 6 bulan yang dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Perlu bunda ketahui untuk memberi makan kepada bayi harus dengan porsi yang dikit namun sering.

author
No Response

Leave a reply "Resep MPASI Tepat untuk Bayi 6 Bulan"