Sawi Putih: Sayur Tepat untuk Si Kecil

No comment 9941 views

sawi putih

Bu, bahan yang digunakan dalam makanan bayi perlu diperhatikan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan gizi balita. Untuk itu, Ibu perlu mengatur menu makanan hariannya agar segala nutrisi pendukung tumbuh kembangnya bisa terpenuhi.

Menjadikan sayur dan buah sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan nutrisi balita menjadi pilihan yang tepat. Kandungan mineral dan zat lain yang mendukung pertumbuhan optimalnya memang banyak terdapat pada kedua jenis bahan makanan ini. Harganya yang cukup terjangkau bisa mempermudah Ibu menyiapkan menu makanan bayi yang sehat dan bernutrisi.

Misalnya saja, sawi putih yang mudah dijumpai bisa menjadi pilihan sayur untuk sajian favorit si Kecil. Kandungan baik yang terdapat pada salah satu jenis tanaman hijau ini tidak perlu diragukan lagi. Untuk itu, Ibu perlu menyimak manfaat baik sawi putih sebagai makanan bayi yang membantu memenuhi kebutuhan gizi balita berikut ini:

  • Menjaga kesehatan mata

Tidak hanya wortel saja yang baik untuk indra penglihatan, sawi putih juga banyak mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Keberadaan vitamin A pada sayur ini membantu sel epitel mengeluarkan keratin yang bisa mengganggu kesehatan mata.

  • Mencegah anemia

Banyaknya kandungan asam folat dalam sawi putih membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah di dalam sumsum tulang belakang. Dengan begitu, si Kecil bisa terhindar dari bahaya anemia yang bisa jadi mengintainya sejak balita.

  • Menghaluskan kulit

Kandungan vitamin E pada sawi putih sangat baik untuk menutrisi kulit lembutnya. Selain itu, vitamin E juga membantu menjaga kelembapan kulitnya sehingga mampu menghindarkan si Kecil dari kulit kering.

  • Membunuh bibit kanker

Konsumsi sawi mampu menurunkan risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker peyudara, prostat, ginjal, kolon, kandung kemih, dan paru-paru berkat kandungan indil dan isotiosionat. Banyaknya kandungan sulforan pada sayuran ini juga sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.

  • Menjaga kesehatan jantung

Sawi putih kaya akan kandungan vitamin E, betakaroten, dan vitamin C yang mampu mencegah penyakit jantung. Ketiga kandungan tersebut juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL. Sawi putih juga banyak mengandung niasin yang berfungsi untuk memperkecil proses aterosklerosis sehingga mampu mengurangi risiko serangan jantung.

Setelah mengetahui manfaat sawi putih, Anda dapat mencoba resep makanan bayi berikut ini yang sangat segar dan tentunya menyehatkan untuk si kecil.

Resep sop baso sawi putih

Bahan :

3 sdm minyak goreng
1/2 siung bawang bombai, iris tipis
3 siung bawang putih, memarkan dan iris
1000 ml air
2 batang daun bawang, potong-potong
2 batang seledri, simpulkan
15 butir bakso sapi
6 buah tahu cina, potong dadu
1 ikat sawi putih, potong-potong
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat :

  • Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Angkat.
  • Didihkan air dalam panci sop, lalu masukkan tumisan bawang, tambahkan daun seledri dan daun bawang.
  • Lalu masukkan bakso, sawi, masak sebentar, kemudian masukkan tahu. Tambahkan garam, gula dan lada secukupnya, masak sampai matang.
  • Angkat dan sajikan

Nah, itulah beberapa manfaat sawi putih beserta resep makanan bayi. Memberikan yang terbaik untuk si Kecil sejak dini tentu membantu memelihara kesehatannya dan menghindarkan dari berbagai penyakit. Ayo, segera olah sawi putih jadi hidangan yang lezat ya, Bu!

 

author
No Response

Leave a reply "Sawi Putih: Sayur Tepat untuk Si Kecil"