Siapkan Makanan Bayi dengan Dua Bumbu Ini

No comment 1228 views

makanan bayi

Membuat makanan bayi bukan suatu perkara mudah apabila tidak mengetahui bagaimana cara menyiapkan menu sehat untuknya. Sebab, jika salah prosedur bisa jadi makanan bayi tidak memiliki kandungan gizi dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, membaca beragam hal tentang nutrisi anak menjadi suatu keharusan.

Lantas, apa yang harus dilakukan ibu sebelum menyiapkan makanan bayi? Selain memilih bahan makanan yang kaya kandungan gizi, penting juga mengetahui bumbu sehat untuk membuatnya. Kali ini, redaksi telah merangkum dua bumbu sehat untuk kudapan bayi yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu yang paling sering digunakan untuk membuat makanan bayi atau masakan lainnya. Bawang putih cocok dicampurkan ke dalam kudapan si Kecil saat musim hujan karena dapat mencegah flu, batuk, asma, serta pilek. Bumbu alami ini juga baik untuk memelihara sistem pencernaan si Kecil sehingga terhindar dari beragam penyakit yang membahayakan. Bawang putih dapat mengontrol dan mengurangi peradangan pada perut dan lambung.

Perlu Anda tahu, ternyata bawang putih juga termasuk bumbu yang kaya akan kandungan zat anti bakteri yang baik untuk melawan dan membunuh bakteri jahat dalam usus besar. Kandungan anthelmintic pada bawang putih dapat mencegah perkembangan cacing pita di dalam perut si Kecil.

Saat pertama kali mencampurkan bawang putih di dalam kudapannya, jangan langsung menggunakan satu siung. Gunakanlah setengah bagian terlebih dahulu dan benar-benar dihaluskan dengan baik. Sebab, jika si Kecil menggigit potongan bawang putih yang cukup besar, bisa jadi ia enggan makan masakan yang tercium aroma bumbu dapur ini.

  • Daun Ketumbar

Bumbu dapur ini memiliki aroma yang cukup harum sehingga dapat membangkitkan selera makan si Kecil. Daun ketumbar disebut juga coriander, ternyata mengandung zat antioksidan dalam jumlah banyak. Selain itu, mengandung anti mikroba yang dapat mengontrol pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

Jika dikonsumsi secara teratur, bumbu ini dapat menghilangkan racun dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, daun ketumbar juga dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan ginjal dan hepatitis.

Nah, itulah bumbu alami yang baik untuk membuat makanan bayi. Pastika bahwa Anda mengolah makanan bayi dengan benar seperti mencuci sebelum dimasak, merebus hingga benar-benar matang, dan menutup rapat setelah masak agar tidak dihinggapi lalat. Yuk, siapkan makanan bayi yang enak dan bergizi tinggi, ya!

author
No Response

Leave a reply "Siapkan Makanan Bayi dengan Dua Bumbu Ini"