Yummy! 5 Resep Finger Food Menyehatkan untuk Bayi

Yummy! 3 Resep Finger Food Menyehatkan untuk Bayi

Finger food untuk bayi – Saat gigi – gigi baru si kecil mulai tumbuh, itu artinya bunda harus mulai memperkenalkan finger food untuk bayi. Finger food adalah makanan sehat untuk bayi yang memasuki usia 7 – 9 bulan, dimana bayi mulai tertarik untuk memegang, meremas atau hanya sekedar memainkan makanan yang bunda sediakan diatas piringnya.

Untuk itu finger food dapat melatih kamandirian serta keterampilan bayi untuk mulai makan sendiri. Namun untuk memilih finger food untuk bayi sebenarnya gampang – gampang susah, tentunya camilan yang disediakan untuk bayi tersebut harus memenuhi syarat sebagai makanan bayi yaitu bertekstur lunak, mudah dikunyah atau mudah lumer, serta tidak menyebabkan tersedak.

Meskipun finger food untuk bayi tidak bisa menjadi penentu asupan gizi namun bisa digunakan sebagai gizi tambahan disela – sela waktu makan utamanya. Nah bunda, untuk menciptakan camilan bergizi untuk si kecil berikut adalah resep terbaik finger food untuk bayi.

Contoh resep finger food menyehatkan

1. Kentang panggang
Siapkan beberapa kentang sesuai dengan kebutuhan, kupas kemudian bersihkan lalu potong kecil – kecil dalam bentuk stik atau kotak – kotak yang sekiranya mudah di pegang oleh bayi lalu di panggang hingga matang.

2. Apel panggang
resep finger food untuk bayi yang berikutnya yaitu apel panggang. Untuk membuatnya juga sangat mudah, siapkan 1 buah apel jenis apapun, 100 gram tepung beras dan 1 butir telur ayam kampung yang telah di kocok lepas.

Potong – potong apel dengan ukuran yang tidak terlalu kecil atau besar, celupkan dalam kocokan telur lalu balut dengan tepung beras dan kemudian masukan dalam oven hingga matang.

3. Nugget sayuran
Salah satu finger food untuk bayi yang sehat adalah nugget sayuran, cara membuatnya yaitu sebagai berikut. Sediakan 1 buah wortel yang di parut kasar atau bisa di potong kecil – kecil, 100 gram tepung roti, 10 gram keju rendah lemak yang telah di parut, dan 2 sendok teh minyak kelapa.

Rebus wortel hingga matang kemudian tiriskan, campur semua bahan dan ratakan dalam loyang, panggang hingga matang atau sekitar 20 menit, potong – potong kecil berbentuk stik.

4. Bolu Bayam

Bahan

  • 60 gram bayam, iris halus
  • 60 gram tepung terigu
  • 40 gram keju cheddar, parut
  • 3 butir telur ayam
  • 2 sdm susu formula lanjutan sesuai usia, larutkan dengan 100 ml air hangat
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm gula pasir

Cara Membuat

Blender bayam dengan larutan susu formula lanjutan. Sisihkan.
Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang kaku. Masukkan tepung terigu, bayam, madu, dan keju parut. Aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata. Tuang adonan di atas loyang. Ratakan.
Kukus selama 40 menit atau hingga bolu matang. Angkat, sisihkan. Potong-potong bolu, atur di atas piring saji. Sajikan.

5. Bakwan sayuran

Bahan

  • 200 ml kaldu daging
  • 150 gram tepung terigu
  • 50 gram wortel, potong bentuk korek api
  • 50 gram taoge, cuci bersih
  • 6 lembar daun bayam, iris halus
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 butir telur
  • 1 sdm irisan daun bawang
  • 1 sdt gula pasir
  • minyak secukupnya, untuk menggoreng

Cara Membuat

Campur tepung terigu dengan kaldu daging, telur, gula pasir, dan bawang putih. Aduk rata.
Tambahkan wortel, taoge, bayam, dan irisan daun bawang. Aduk kembali hingga tercampur rata.
Panaskan minyak. Ambil satu sendok sayur adonan bakwan. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, lalu potong-potong bakwan. Atur di atas piring saji. Sajikan.

Nah, tadi merupakan beberapa resep finger food untuk bayi bunda, dan simak berikut ini beberapa tips mengenalkan finger food untuk bayi bunda, yuk lihat disini cara cara mengenalkan finger food nya:

  • Berikan Makanan Yang Mudah Lumer Di Mulut

Meskipun finger food itu sangat disarankan untuk bayi akan tetapi sebaiknya bunda juga memilih beberapa makanan yang lumer (meleleh ) pada mulut bayi bun. Untuk beberapa jenis sayuran yang diberikan pada bayi, pilih sayuran dengan kematangan memasak yang lembek dan tidak menyulitkan bagi bayi ketika mengunyahnya.

  • Jangan membiasakan memberikan permen

Cara mengenalkan finger food yang kedua yaitu dengan jangan terburu-buru memaksakan porsi makanan habis semua, mungkin dalam beberapa kali bayi bunda akan membiarkan makanan tersebut atau juga hanya memainkannya saja, peranan bunda sebagai orang tua adalah mengarahkan agar bayi bunda mengetahui cara makan sendiri. Apabila bayi bunda menolak, jangan sesekali memilih finger food yang tidak sehat, salah satu contohnya yang mengandung gula tinggi seperti permen atau coklat bun.

Bunda, itulah beberapa resep finger food untuk bayi yang menyehatkan dan bisa dibuat sendiri di rumah. Dengan membuatnya sendiri bunda tidak perlu khawatir dengan kandungan makanan yang ada di dalamnya. Selamat mencoba.

author
No Response

Leave a reply "Yummy! 5 Resep Finger Food Menyehatkan untuk Bayi"