3 Komponen Kebutuhan Gizi Pada Balita

No comment 1521 views

gizi balitaGizi Balita – Usia dibawah 5 tahun atau balita merupakan usia penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fisik anak. Pada usia ini, anak masih rawan dengan berbagai gangguan kesehatan, baik jasmani maupun rohani. Secara psikologis, rentang usia ini sangat menentukan karakter anak. kebutuhan Gizi balita tentu sangat harus dijaga agar anak selalu sehat.

Jika anak sering diejek atau dicemooh, kemungkinan besar akan tumbuh menjadi anak yang tidak mempunyai kepercayaan diri. Anak yang selalu dimanja akan tumbuh menjadi anak yang selalu bergantung kepada orang lain.

Demikian juga anak yang selalu ditekan dengan ancaman, anak akan tumbuh dengan ketakutan bahkan sampai depresi. Sebaliknya, anak yang dididik dengan pujian dan arahan yang benar, akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri karena sejak kecil dia merasa dihargai oleh lingkungan terdekatnya, yaitu keluarga.

Makanan Anak Balita Dengan Kebutuhan Gizi Yang Mencukupi

Untuk usia 1-3 tahun , makanan masih dalam bentuk lunak dengan jadwal makan seperti anggota keluarga yang lain. Susu masih merupakan makanan yang esensial bagi anak. Konsumsi sayuran tetap harus diperhatikan. Makanan snack diberikan dalam porsi sedang dan tidak mengganggu makanan utama.

PROTEIN

Utamakan sumber protein hewani tetapi variasikan dengan protein nabati. Protein dalam tubuh merupakan sumber asam amino esensial yang diperlukan sebagai zat gizi pada balita sebagai pembangun, yaitu untuk :

  • Pertumbuhan dan pembentukan protein dalam serum, hemoglobin, enzim, hormone dan antibody
  • Menggantikan sel –sel yang rusak
  • Memelihara keseimbangan asam basa cairan tubuh
  • Sumber energy

AIR

Air merupakan zat gizi yang sangat penting bagi bayi dan anak karena :

  • Bagian terbesar dari tubuh terdiri atas air
  • Kehilangan air melalui kulit dan ginjal pada bayi dan anak lebih besar daripada orang dewasa.
  • Bayi dan anak lebih mudah terserang penyakit yang menyebabkan dehidrasi seperti diare berat dan muntah-muntah.

LEMAK

Kebutuhan lemak dianjurkan 10- 20 % dari energy total. Untuk bayi dan anak dianjurkan 1-2 % energy total berasal dari asam lemak esensial (asam linoleat) untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan kulit.

No Response

Leave a reply "3 Komponen Kebutuhan Gizi Pada Balita"