4 Kandungan Kacang Panjang Bantu Penuhi Nutrisi Balita

kacang panjang

Memiliki buah hati sehat tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Ya, setiap orang tua tentu berusaha memberikan  makanan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi balita. Jangan pernah tergiur dengan makanan mahal yang tersedia di supermarket, karena buah dan sayur olahan sendiri justru lebih sehat.

Sayur dan buah merupakan salah satu alternatif kudapan sehat yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi balita. Misalnya saja sayur kacang panjang yang memang banyak Ibu temui di sekitar rumah. Jangan menyepelekan sayuran hijau ini, meski harganya cukup terjangkau, manfaat yang diberikan sangatlah maksimal. Untuk itu, Ibu perlu tahu kandungan gizi yang terdapat pada kacang panjang berikut ini:

  • Sumber protein

Kandungan protein nabati yang terdapat pada kacang panjang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi balita. Ibu bisa mengirisnya menjadi ukuran yang kecil agar mudah dilumat buah hati tersayang. Campurkan pada nasi tim buatan Ibu dan tambahkan hati ayam untuk menambah kelezatan kudapan si Kecil.

  • Kaya vitamin B kompleks

Vitamin B memiliki peranan penting untuk membantu kerja fungsi sistem saraf. Kandungan thiamin, riboflavin, asam pantotenat, dan niacin sangat banyak di dalam sayuran hijau ini. Ibu bisa memanfaatkan lahan kosong di sebelah rumah untuk menanam sayuran ini. Kacang panjang tumbuh merambat dan tidak akan mengganggu keindahan taman Ibu.

  • Kaya serat

Kandungan serat yang tinggi pada kacang panjang bisa membantu menjaga sistem pencernaan si Kecil. Serat dalam sayuran ini berbentuk pectin yang sehingga mudah larut dan sangat berguna untuk menjaga kadar gula dalam level normal. Metabolisme lemak tubuh balita juga bisa terkontrol dengan baik sehingga dapat menjaga si Kecil dari bahaya obesitas.

  • Kaya mineral

Kalsium yang terdapat pada kacang panjang tentu menjadi mineral penting untuk pembentukan tulang dan menjaga kekuatan gigi sehatnya. Kacang panjang mengandung mineral ini sebanyak 42 mg sehingga baik untuk mendukung fungsi kerja saraf dan otot agar berjalan dengan optimal.

Kandungan magnesium sebanyak 98 mg sangat berguna untuk membantu aktivitas enzim dalam tubuh. Suntikan magnesium ini juga membantu memperkuat tulang dan gigi si Kecil. Koordinasi yang baik antara magnesium dan kalsium baik untuk memperbaiki kerja sistem saraf balita dan menunjang aktivitas ototnya.

Nah, itulah beberapa kandungan kacang panjang yang berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi balita. Dengan memperbanyak konsumsi sayuran, pertumbuhan dan perkembangan si Kecil bisa berjalan dengan optimal.

author
No Response

Leave a reply "4 Kandungan Kacang Panjang Bantu Penuhi Nutrisi Balita"