4 Manfaat Nanas yang Terlupakan

No comment 1674 views

nenas

Pernah tidak Ibu mencampurkan nanas dalam kudapan si Kecil? Yah, buah dengan daging kuning menyala ini menyimpan sejuta manfaat dan dapat memenuhi kebutuhan gizi balita. Si Kecil yang sudah bisa mengonsumsi segala jenis kudapan, tentu memudahkan Anda untuk memberikan variasi makanan. Nanas bisa Anda berikan kepada si Kecil agar ia memeroleh manfaat baik dari buah ini.

Buah nanas ini bisa Anda campurkan ke dalam sup buah yang menjadi favorit si Kecil. Saat ini, banyak beredar resep masakan yang menjadikan nanas sebagai salah satu bahannya lho! Memang, banyak orang banyak mengakui jika buah ini menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan si Kecil seperti berikut ini:

  • Memperlancar Pencernaan

Biasanya, si Kecil sering menjadi bulan-bulanan dari konstipasi atau sembelit. Yah, kandungan enzim bromelain dalam nanas dapat membantu mengurangi risiko gangguan sistem pencernaan ini. Oleh karena itu, sangat cocok jika Anda mencampurkan nanas ke dalam kudapan sehat si Kecil.

 

Tak hanya itu, enzim bromelain ini juga mengatur kandungan asam dalam agar tetap seimbang. Dengan begitu, dapat dikatakan jika kandungan enzim ini berfungsi sebagai pembersih untuk tubuh si Kecil. Nanas juga membantu mengurangi kandungan air yang berlebihan di dalam badan sehingga dapat mengobati edema pada ibu hamil.

  • Mencegah Kanker

Vitamin A dan C yang banyak terdapat di dalam nanas ini bersifat sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas yang masuk ke tubuh dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Dengan mengonsumsi nanas, si Kecil dapat terhindar dari bahaya radikal bebas yang  mengintai.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Banyaknya kandungan kalsium dan zat besi di dalam nanas dapat membantu menjaga kesehatan tulang si Kecil. Yah, memenuhi kebutuhan kalsiumnya merupakan hal penting yang harus dilakukan orang tua agar si Kecil dapat mencapai pertumbuhan yang optimal. Selain itu, kedua mineral tersebut baik untuk menjaga kekuatan giginya.

  • Mencegah Penggumpalan Darah

Banyaknya kandungan zat tembaga akan membantu untuk menghindarkan si Kecil dari beberapa penyakit seperti oesteoporosis, anemia, gangguan tiroid, dan penurunan jumlah sel darah putih. Selain itu, mineral ini baik untuk meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuhnya.

Ayo Bu, sulap nanas ini menjadi makanan lezat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi balita. Meskipun nanas baik untuk si Kecil, tetap perhatikan porsi takarannya. Buat kudapan enak untuk si Kecil ya, Bu!

 

author
No Response

Leave a reply "4 Manfaat Nanas yang Terlupakan"