4 Manfaat Rutin Minum Susu bagi Anak

No comment 2499 views

minum susu

Bu, apakah si Kecil sudah minum susu hari ini? Susu menjadi minuman andalan untuk si Kecil karena rasanya yang gurih dan nikmat. Meskipun ia tak lagi mengonsumsi ASI, bukan berarti Anda tak memberikan susu pada masa pertumbuhannya saat ini. Sebab, usia balita merupakan golden age yang membutuhkan dukungan untuk tumbuh kembanganya.

Nutrisi yang terkandung dalam susu mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya sehingga ia kan tumbuh sesuai dengan perkembangannya. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak informasi mengenai manfaat minum susu secara rutin berikut ini:

  • Menjaga Kekuatan Tulang

Susu maupun produk olahan susu menyediakan kalsium, fosfor, magnesium, dan protein yang dibutuhkan oleh si Kecil. Mineral esensial tersebut membantu memelihata kesehatan tulang dan kekuatan tulangnya. Dengan rajin minum susu setiap hari sejak dini, akan membantu memproteksinya dari beberapa penyakit seperti oesteoporosis pada usia lanjut.

  • Memelihara Kesehatan Gigi

Jumlah kalsium dan fosfor yang terdapat dalam susu bukan hanya berguna untuk kesehatan tulangnya saja, tetapi juga untuk kekuatan giginya. Si Kecil yang rajin minum susu akan terjauh dari kerusakan gigi akibat asam mulut yang menyebabkan keropos. Keasaman tersebut dapat merusak kandungan kasein yang melindungi gigi.

  • Menghindari Risiko Obesitas

Untuk mempertahankan bentuk tubuhnya yang ideal, Anda bisa memberikannya susu setiap hari. Namun, jumlah ini harus tetap sesuai dengan takarannya dan terkontrol. Sebab, sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuhnya.

Banyaknya mitos yang beredar di masyarakat mengenai susu dapat menyebabkan kegemukan dianggap kurang tepat dalam dunia medis. Kandungan dalam susu justru melancarkan BAB si Kecil sehinga terhindar dari bahaya sembelit. Apabila pembuangannya lancar, maka racun dalam tubuhnya bisa keluar bersama kotorannya tersebut.

  • Mengganti Cairan Tubuh

Minum susu menjadi cara alternatif untuk menghindari dehidrasi pada tubuh si Kecil. Apabila ia dalam keadaan dehidrasi, si Kecil akan kesulitan untuk konsentrasi, mudah marah, hingga mengancam kesehatannya. Usai si Kecil lelah berlarian dengan kawan-kawannya, hilangkan rasa lelah dan hausnya tersebut dengan memberinya segelasĀ  susu. Dengan begitu, si Kecil akan terjauh dari dehidrasi yang mengintainya.

Nah, kebiasaan minum susu ini tidak harus diberikan pada pagi hari saja. Anda bisa menyiapkan segelas susu hangat menjelang si Kecil tidur. Kondisi fisiknya yang lelah usai beraktivitas seharian dapat kembali normal dengan rutin meminum susu sebelum tidur. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, ya!

author
No Response

Leave a reply "4 Manfaat Rutin Minum Susu bagi Anak"