9 Kebutuhan Nutrisi Yang Wajib Pada Balita

No comment 2042 views

Nutrisi BalitaNutrisi Balita – Anak sejak dini sudah diperkenalkan dengan pendidikan dan pengajaran pada saat memasuki usia sekolah. Untuk itu balita membutuhkan kemampuan otak yang prima, sehingga ia sanggup menerima dan mencerna pelajaran dengan baik.

Untuk memastika itu, maka orang tua tak boleh mengabaikan asaupan gizi penting bagi balita, khususnya gizi yang penting untuk perkembangan otak. Jika ingin balita cerdas, bantuan dari makanan sebagai sumber gizi dan nutrisi amatlah sangat menunjang.

Kebutuhan nutrisi untuk balita agar perkembangan dan kecerdasan otak balita selalu terjaga tentu ada banyak sekali. Nutrisi tertentu yang penting untuk otak balita, khususnya vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan memori, konsentrasi dan perkembangan bakatnya.Yaitu mineral dan vitamin yang dapat meningkatkan memori, konsentrasi dan bakatnya.

Berbagai Nutrisi penting Untuk Perkembangan dan Kecerdasan Otak Balita

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi pelajar, sehingga kebutuhannya harus mencukupi. Karbohidrat terkandung dalam bahan makanan seperti nasi, roti, dan umbi-umbian.

  • Protein

Protein berfungsi sebagai zat-zat pembangun yang dibutuhkan dalam pembentukan otot, terutama bagi pelajar. Semua jenis lauk hewani, tempe, dan tahu merupakan sumber utama protein.

  • Kalsium

Seorang pelajar yang aktif tentunya membutuhkan asupan kalsium untuk pertumbuhan tulang yang kuat. Kalsium dapat ditemukan di susu dan hasil olahannya, seperti yogurt dan keju.

  • Asam amino

Asam amino bertugas membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsang (zat neurotransmitter) pada sambungan sel syaraf. Asparagin, diciptakan dari asam amino, dan Asam aspartat, diperlukan untuk menjaga keseimbangan dalam sistem saraf pusat. Seperti yang diubah kembali menjadi asam aspartat, asparagin melepaskan energi yang sel-sel saraf otak dan menggunakan sistem untuk metabolisme. Asam amino yang berperan untuk mengatur pembentukan senyawa serotonin yang terlibat di dalam sistem saraf atau acetylcholine yang penting untuk daya ingat. Sumber-sumber asam amino yang berkualitas tinggi adalah protein hewani, misalnya daging sapi, daging ayam, telur, produk susu (dairy product).

  • Asparagin

Asparagin di perlukan oleh sistem saraf untuk menjaga kesetimbangan dan di perlukan pula dalam transformasi asam amino. Asparagin di temukan pula pada daging (segala macam sumber), telur dan susu (serta produk turunanya).

  • Yodium

Kekurangan yodium menyebabkan rendahnya kecerdasan. Fungsi iodium di dalam tubuh, terangnya, adalah membentuk hormon di dalam kelenjar tiroid. Sekresi hormon tiroid dipertahankan sedemikian rupa melalui mekanisme umpan balik, sehingga kadarnya optimal untuk menjalankan fungsinya.

  • Vitamin dan zat besi.

Agar daya tahan tubuh dan imunitas seorang pelajar terpelihara, diperlukan asupan vitamin dan zat besi yang seimbang. Vitamin banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan, sedangkan zat besi bisa diperoleh dengan konsumsi daging dan kacang-kacangan.

  • Makanan mengandung Kolin

Kolin berguna untuk membantu menciptakan sel memori, atau neuron di otak yang memiliki kapasitas memori. Kebutuhan nutrisi Pada balita, kolin akan membantu menghasilkan sel-sel memori baru. Makanan seperti telur mengandung tinggi kolin, dan makanan seperti roti gandum mengandung folat dan vitamin B , mereka akan membantu pembentukan sel-sel memori.

  • Buah mengandung antioksidan

Buah-buahan seperti tomat, pepaya, anggur, jeruk, stroberi, bluberi dll, mengandung antioksidan. Antioksidan adalah kemampuan zat dalam makanan yang berguna untuk membuang racun dalam tubuh akibat dara kotor. Selain itu antioksidan juga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Buah-buahan tersebut juga kebanyakan kaya akan serat, serat akan memberikan manfaat tambahan ke otak, dengan cara membantu sistem pencernaan.

author
No Response

Leave a reply "9 Kebutuhan Nutrisi Yang Wajib Pada Balita"