7 Makanan Ini Penuhi Kalsium Balita

No comment 1629 views

tofu

Seiring dengan pertumbuhannya, tentu kebutuhan nutrisi balita harus terpenuhi dengan baik. Pasalnya, kecukupan gizi hariannya akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan di masa golden age.

Salah satu nutrisi penting untuk tubuh balita adalah kalsium. Berikut ini beberapa sumber kalsium yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi balita:

  • Keju

Keju merupakan produk turunan dari susu yang memiliki banyak kandungan kalsium. Selain kalsium, protein, vitamin, mineral, fosfor, dan lemak banyak terdapat di dalamnya. Ibu bisa menyelipkan keju ditengah-tengah camilan sehatnya.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau memang sering Ibu temui saat berbelanja di pasar. Harganya yang terbilang murah tentu tidak menjadikan Ibu kesulitan untuk mendapatkannya.

Sayuran hijau ini banyak mengandung kalsium dan berbagai nutrisi baik lainnya. Jadikan sayuran hijau sebagai menu wajib untuk si Kecil dengan berbagai olahan kreatif agar ia semakin lahap makan.

  • Kacang kedelai

Manfaatkan kedelai ini sebagai sumber kalsium untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi balita. Olahan susu kedelai tentu menjadi minuman sehat yang disukai si Kecil.

  • Ikan salmon

Kandungan 181 mg kalsium yang terdapat pada sepotong salmon tentu bisa menyumbang pemenuhan kebutuhan nutrisi balita. Berikan salmon sebagai lauk favorit si Kecil atau sebagai campuran bubur sehatnya.

  • Kacang

Kacang termasuk ke dalam sumber kalsium yang baik. Dalam semangkuk kecil kacang, si Kecil bisa mendapatkan hingga 175 mg kalsium. Ibu perlu memberikan pengawasan jika si Kecil sedang menikmati kudapan sehat ini karena bentuknya yang kecil sehingga mudah tertelan.

  • Pisang

Buah berkulit kuning ini bisa dengan mudah dijumpai karena selalu musim sepanjang tahun. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut tentu membuat si Kecil doyan melahapnya. Selain kalsium, pisang mengandung magnesium, fosfor, zat besi, dan kalium.

  • Tofu

Makanan yang dibuat dari endapan kedelai ini memiliki tekstur lunak dan rasa yang gurih. Oleh karena itu, manfaat tingginya kalsium dalam tofu untuk membantu memenuhi nutrisi balita dengan mencampurkan pada makanannya.

Nah, itulah 7 makanan sumber kalsium yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi balita. Ibu bisa mengonsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi menu makanan bayi yang kaya nutrisi.

author
No Response

Leave a reply "7 Makanan Ini Penuhi Kalsium Balita"