8 Tips Memberi Nutrisi Bagi Balita

No comment 1168 views

nutrisi balita

Nutrisi Balita – Pertama-tama Anda perlu mencari tahu apakah kekurangan nutrisi pada balita Anda hanya tampaknya bahwa balita Anda tidak makan atau apakah ia sebenarnya berat badannya memang kurang. Tanyakan pada petugas kesehatan untuk mengukur tinggi dan berat badan balita Anda.

Petugas kesehatan dapat menggunakan pengukuran untuk mengkonfirmasi apakah balita Anda mempunyai berat badan yang ideal ataukah memerlukan tambahan nutrisi. Petugas kesehatan atau dokter akan mempertimbangkan pola pada pertumbuhan balita sebelum memberikan nutrisi yang tepat, selain itu mereka juga akan mengukur berat badan orang tuanya. Hah, kenapa demikian?

Alasannya beberapa balita hanya akan kurus atau langsing terutama jika orang tua mereka juga langsing. Dengan dokter anak sang orang tua dapat mendiskusikan seberapa pentingnya pemberian gizi yang tepat beserta dampaknya.

Jika balita Anda memiliki berat badan di bawah ideal maka kemungkinan besar akan ada risiko buruk terhadap kesehatannya, namun hal itu akan sedikit berkurang jika Anda mengatasi masalah tersebut sejak dini dengan pemberian nutrisi yang tepat untuk balita Anda. Tahukah Anda alasan kenapa berat badan bayi juga lebih cepat turun?

Alasan yang paling umum adalah balita membakar lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan setiap hari. Jika balita Anda sukar atau rewel terhadap makanan yang anda berikan sesuai standar nutrisi untuk balita, mungkin saja menurunkan berat badannya.

Nutrisi Balita Penambah Berat Badan

Jika balita dirasa lambat dalam menambah berat badan, orang tua mungkin dapat meningkatkan kandungan nutrisi berupa kalori dari makanan yang dikonsumsinya. Berikut ada beberapa tips untuk menambah nutrisi balita:

  • Memastikan bahwa semua produk susu, seperti susu, yoghurt dan keju, penuh dengan lemak dengan kandungan nutrisi tinggi.
  • Coba tambahkan margarin atau mentega untuk makanan. Anda bisa memberikan mentega pada sepotong roti malt atau oat cake. Atau tambahkan minyak untuk memasak sayuran gunanya adalah untuk menjaga asupan nutrisi balita.
  • Tambahkan keju parut dan susu full-fat untuk kentang pure (semacam bubur kentang)
  • Gunakan mayones atau krim keju penuh lemak sebagai tambahan untuk sayuran mentah.
  • Berikan snack berkalori tinggi untuk anak Anda. Pilihan yang baik adalah alpukat atau roti panggang dengan selai kacang atau pasta sarden. Makanan ringan kaya nutrisi ini juga penuh dengan vitamin.
  • Untuk puding, cobalah tumbuk pisang dengan yoghurt penuh lemak. Puding berbasis susu mempunyai nutrisi tinggi merupakan sumber energi yang baik.
  • Cobalah untuk tidak memberikan kepada anak minuman susu pada malam hari. Ini biasanya akan mengakibatkan anak memiliki kurang nafsu makan pada siang hari.
  • Cobalah untuk tidak memberinya terlalu banyak pasta gandum, roti dan beras merah. Makanan ini mengandung banyak serat, makanan tinggi serat dapat mengurangi kemampuan anak Anda untuk menyerap vitamin penting dan mineral.

Jangan lupa  bahwa air dan ASI merupakan nutrisi balita terbaik untuk bayi Anda sampai dia berumur dua tahun, Setelah itu orang tua bisa menambahkan nutrisi balita seperti susu sapi sebagai minuman utama, karena mengandung mineral penting dan vitamin, seperti kalsium, vitamin B2 dan B12.

No Response

Leave a reply "8 Tips Memberi Nutrisi Bagi Balita"