Apa Saja Kendala Pemenuhan Gizi Balita?

No comment 1137 views

nutrisi balita

Bagaimana kabar si Kecil hari ini? Apa ia sudah makan? Memenuhi nutrisi balita memang menjadi hal yang harus diperhatikan karena akan mendukung pertumbuhan tubuhnya. Oleh karena itu, jangan biarkan si Kecil susah makan dalam waktu lama sehingga bisa menghambat pertumbuhannya.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ibu mengetahui kendala yang bisa menghambat pemenuhan gizi balita. Kali ini, tim telah merangkum informasi yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Sering Menolak Makan

Memang bukan masalah baru jika melihat anak susah makan. Tetapi, jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa menghambat pertumbuhan si Kecil. Cara anak menolak suapan makan juga berbeda-beda. Terkadang si Kecil hanya menggelengkan kepalanya, menutup mulutnya, hingga berlarian di dalam rumah.

Ada juga si Kecil yang hanya menolak makanan tertentu yang bisa mengurangi nafsu makannya. Anda harus mewaspadai jika ia mulai menolak sayuran atau buah-buahan dan lebih memilih untuk makan junk food. Menghadapi hal ini, diperlukan kesabaran ekstra dan jangan memaksakan secara berlebihan. Berikan rayuan atau hadiah untuk membiasakan si Kecil yang tidak doyan sayur.

  • Suka Makanan Cepat Saji

Anak-anak memang lebih menyukai makanan ringan yang memiliki banyak rasa dan gurih sehingga lebih nikmat. Namun, si Kecil belum paham benar jika rasa tersebut berasal dari bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatannya.

Untuk menghindari ketergantungan, cobalah buatkan camilan sendiri yang sehat agar ia tak melirik snack yang dijual bebas tersebut. Umumnya, snack ini mengandung banyak karbohidrat sehingga memberikan efek kenyang. Hal ini pula yang menyebabkan si Kecil menolak suapan ibunya.

  • Suka Jajan

Memang si Kecil mudah tergoda dengan beragam jenis makanan ringan yang ada di kantin sekolahnya. Makanan ini memiliki beragam variasi rasa yang menggiurkan lidah. Tak heran, jika ia selalu tergoda melihat beragam makanan ringan ini yang ada di kantin sekolah.

Rasa gurih ini didapatkan dari MSG atau pemanis buatan yang membahayakan pertumbuhannya. Umumnya, snack tidak mengandung banyak gizi yang bermanfaat untuk tubuhnya.

Agar kebutuhan nutrisi balita terpenuhi, cobalah membuat camilan sehat yang berasal dari buah dan sayur. Jika kesulitan menemukan ide untuk kreasi makanan sehat untuk si Kecil, cobalah untuk mencari resep di internet atau majalah kuliner. Buatlah bentuk-bentuk yang lucu untuk menarik selera makan si Kecil yang saat ini lebih suka jajan di luar. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, ya!

 

author
No Response

Leave a reply "Apa Saja Kendala Pemenuhan Gizi Balita?"