Dampak Kekurangan Nutrisi Balita

No comment 4491 views

Dampak Kekurangan Nutrisi Balita

Nutrisi Balita – Kekurangan nutrisi pada balita pengaruhnya bisa sangat signifikan terhadap kesehatan secara keseluruhan karena pertumbuhan dan perkembangannya terhalang oleh kekurangan vitamin atau nutrisi penting.

Kualitas gizi diet nutrisi seimbang akan mempengaruhi kesejahteraan sepanjang hidup kita, dampak yang lebih besar terjadi pada masa balita yang tubuh dan pikiran sedang tumbuh. Kekurangan gizi serius dapat merusak perkembangan saraf, bisa jadi menyebabkan menurunnya IQ dan cacat permanen.

Studi yang dilakukan oleh ahli saraf telah menemukan bahwa nutrisi balita berkualitas rendah akan merusak perkembangan kemampuan kognitif, seperti belajar, memecahkan masalah dan menghafal. Kekurangan nutrisi penting sejak usia dini pada balita dapat menyebabkan kelemahan dalam visi, keterampilan motorik, bahasa dan keterampilan sosial serta berbagai penyakit kronis lainnya yang berlangsung sampai dewasa.

Peran Penting Nutrisi Balita

Sayangnya, peran penting nutrisi balita untuk hasil perkembangan, kognitif dan perilaku pada tahap awal kehidupan sering tidak dipahami dengan baik dan tepat oleh sekolah dan orang tua.

Beberapa ilmuwan melihat hubungan langsung antara asupan nutrisi pada lemak jenuh tinggi dan kinerja mental. Pengujian telah menunjukkan bahwa banyak jajanan populer di kafetaria sekolah sebenarnya menurunkan kemampuan siswa untuk tetap terjaga dan berkonsentrasi. Penurunan  asupan energi dalam makanan mengakibatkan anak-anak merasa lesu, mudah marah dan tidak bisa fokus.

Menurut sebuah studi oleh Asosiasi Kesehatan Amerika Sekolah (ASHA), siswa dengan defisiensi nutrisi zat besi kronis lebih mungkin untuk menderita attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). anak yang mengalami kekurangan nutrisi pada masa balita lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Balita tidak mungkin menyukai makanan dengan sendirinya. Mereka belajar apa yang harus disukai atau tidak disukai dengan mengamati orang lain. Sebagai orangtua, Anda memberikan makanan dengan nutrisi yang tinggi atau rendah, itulah yang balita atau anak Anda sukai.

Sebagaimana Anda memperlakukan tubuh Anda sendiri dalam hal pemberian nutrisi untuk diet, olahraga dan gaya hidup itulah yang akan mempengaruhi perilaku balita Anda ketika dewasa.

Mengingat konsekuensi yang berpotensi serius dari kekurangan nutrisi pada masa balita, orang tua memiliki tanggung jawab besar  dalam memelihara kesehatan gizi keturunan mereka. Sayangnya, keterbatasan anggaran dan kurangnya pengetahuan tentang fakta-fakta dasar nutrisi balita membuat banyak orangtua tidak bisa membuat pilihan yang lebih baik.

Meskipun kekurangan gizi balita akan memiliki dampak besar pada kesehatan anak-anak, identifikasi yang tepat  waktu dan pengelolaan ketidakseimbangan ini bisa mengurangi efek yang merusak pada anak.

Jika kekurangan nutrisi pada masa balita bisa dikendalikan, maka harus ada sebuah upaya bersama yang melibatkan keluarga, sekolah, instansi pemerintah dan layanan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan gizi semua anggota masyarakat,

No Response

Leave a reply "Dampak Kekurangan Nutrisi Balita"