Inilah Kebutuhan Nutrisi Harian si Kecil Part 1

nutrisi balita

Bu, apakah si Kecil sudah makan? Apakah kudapannya sudah memenuhi kebutuhan gizinya? Memenuhi kebutuhan nutrisi balita menjadi prioritas utama untuk membantunya tumbuh secara optimal. Untuk itu, setiap menu makanannya usahakan memenuhi kebutuhan gizinya, ya!

Perlu Anda tahu, kebutuhan nutrisi balita ini pasti terus meningkat sesuai dengan pertambahan umurnya. Semakin bertambah usianya, tentu semakin aktif pula gerakannya. Umumnya, kebutuhan gizi harian balita sekitar 1000-1400 kalori per hari. Untuk itu, Anda perlu menyimak informasi berikut ini:

  • Vitamin A

Vitamin ini memiliki fungsi  untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan matanya, dan mengotimalkan pertumbuhannya. Setiap hari si Kecil membutuhkan vitamin A sebesar 400 ug atau setara dengan satu buah wortel dengan berat 50 gram. Sumber vitamin A banyak terdapat pada hati, minyak ikan, susu, serta sayuran berwarna orange. Jika kekurangan vitamin A, maka akan meningkatkan risiko rabun senja, katarak, dan infeksi saluran pernapasan.

  • Vitamin B1 (Thiamin)

Thiamin berfungsi untuk membantu proses oksidasi tubuh untuk memeroleh energi dan mencegah penyakit beri-beri. Vitamin ini dibutuhkan si Kecil sebanyak 0,5 mg atau setara dengan kentang rebus seberat 150 gram. Sumber makanan ini banyak terdapat pada kacang hijau, daging, sayuran hijau, dan roti. Apabila si Kecil kekurangan asupan thiamin maka akan berdampak pada daya tahan tubuhnya serta menyebabkan kulit kering dan bersisik.

  • Vitamin B2 (Riboflavin)

Ribiflavin berfungsi untuk menjaga keutuhan jaringan saraf dan mempercepatn pemindahan rangsang sinar ke saraf mata. Vitamin B2 ini dibutuhkan si Kecil sebanyak 0,5 mg atau serata dengan telur rebus sebesar 55 gram. Vitamin ini banyak terdapat pada hati, telur, susu, dan ragi. Apabila kekurangan vitamin ini maka daya tahan tubuhnya kering, mulut kering, kulit bersisik dan mudah terserang sariawan.

  • Vitamin B3 (Niasin)

Niasin berfungsi untuk membantu pembebasan energi dari makanan dan sintesis asam lemak. si Kecil membutuhkan vitamin B3 sebanyak 6 mg atau setara dengan dada ayam yang memiliki berat 50 gram. Sumber niasin yang baik banyak terdapat pada jamur, kacang tanah, telur, dan hati. Jika kekurangan vitamin B3, akan menyebabkan sistem pencernaannya terganggu, otot mudah kram, dan badan terasa lemas.

Nah, kebutuhan  nutrisi balita yang banyak tersebut pastilah bisa Anda penuhi agar si Kecil tumbuh sehat. Tentu Anda senang kan, melihat si Kecil tidak mudah sakit! Yuk, berikan yang terbaik untuknya!

author
No Response

Leave a reply "Inilah Kebutuhan Nutrisi Harian si Kecil Part 1"