Inilah Kebutuhan Nutrisi Harian si Kecil Part 2

nutrisi balita

Selamat pagi, sudahkah Anda menyiapkan sarapan untuk si Kecil? Apakah menu kudapannya sudah memenuhi kebutuhan nutrisi balita? Yah, untuk mendukung pertumbuhan si Kecil harus dibarengi dengan asupan makanan bergizi tinggi. Sebab, nutrisi itulah yang akan menyuntikkan zat sehatnya ke bagian tubuh si Kecil.

Pemilihan bahan makanan sehat seperti buah dan sayur dapat membantu pencapaian pertumbuhan si Kecil dengan optimal. Banyak mineral baik di dalamnya tentu akan memenuhi kebutuhan harian buah hati tersayang sehingga ia tidak akan mudah sakit. Berikut ini beberapa mineral penting untuk tubuh putra-putri Anda:

  • Vitamin C

Vitamin C berperan dalam memproduksi dan memperbaiki jaringan dari sel-sel darah merah, jaringan tubuh, menangkal radikal bebeas, dan menjaga kesehatan gusinya. Makanan yang banyak mengandung vitamin C banyak terdapat pada brokoli, tomat, pisang, kentang, dan jeruk. Apabila defisiensi vitamin ini dapat mengakibatkan sariawan dan kekebalan tubuh mengalami penurunan. Kebutuhan si Kecil per hari hanya berkisar antara 15-25 mg  saja.

  • Vitamin D (Kalsiferol)

Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk kesehatan tulang dan gigi. Sumber makanan terbaik penghasil vitamin D banyak terdapat di dalam susu, minyak ikan, dan kuning telur. Apabila si Kecil kekurangan vitamin D, maka dapat menyebabkan kerusakan gigi, kejang otot, dan rakhitis.Kebutuhan vitamin D perhari yaitu sebanyak 200 IU atau setara dengan susu 470 ml.

  • Vitamin E

Vitamin ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan bentuk fisiknya. Dengan mengonsumsi ikan, daging ayam, dan roti maka kebutuhan vitamin E si Kecil dapat terpenuhi. Vitamin E banyak terdapat pada minyak jagung, kacang, mangga dan bayam. Apabila kekurangan vitamin E dapat memicu penyakit kanker akibar serangan radikal bebas di lingkungan sekitar. Dalam sehari, si Kecil membutuhkan vitamin E sebesar 25 mg.

  • Vitamin K (Koagulasi)

Vitamin ini berperan penting dalam  pembekuan darah dan mencegah keguguran. Bayam, tomat dan wortel merupakan sumber vitamin K yang baik. Kekurangan vitamin K dapat mengakibatkan darah sukar membeku jika terjadi luka dan pendarahan di dalam tubuhnya. Vitamin K dibutuhkan sebanyak 15 ug atau setara dengan asparagus yang memiliki berat 20 gram.

Kebutuhan nutrisi balita yang tidak banyak tersebut sebaiknya dipenuhi dengan baik agar pertumbuhannya tercapai dengan optimal. Anda bisa mengonsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan menu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan si Kecil. Berikan yang terbaik, ya!

 

author
No Response

Leave a reply "Inilah Kebutuhan Nutrisi Harian si Kecil Part 2"