Inilah Nutrisi Penting untuk Cerdaskan Otak si Kecil

nutrisi balita

Halo Bun, apakah si Kecil sudah sarapan? Sebagai orang tua, kesehatan balita menjadi hal yang penting sehingga berusaha untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satunya yaitu memenuhi kebutuhan otak dengan memberikan nutrisi penting yang membantunya untuk tumbuh sebagai anak cerdas. Lantas, nutrisi balita apa saja yang penting untuk otaknya? Yuk, coba lihat informasi penting berikut ini:

  • AA dan DHA

Golongan lemak esensial ini tidak bisa dibentuk di dalam tubuh tetapi di luar tubuh. AA dan DHA sangat berguna untuk pertumbuhan sistem saraf pusat dan memaksimalkan kerja fungsi saraf penglihatan.  Kedua nutrisi ini banyak terdapat dalam ASI. Selain itu, AA danDHA juga banyak terdapat dalam ikan tuna, salmon, makarel, sarden, daging, susu, dan telur. Untuk itu, sisipkan beberapa menu makanan ini dalam kudapan sehat si Kecil.

  • Asparagin

Mineral ini dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem saraf pusat serta menjaga sistem keseimbangan tubuh. Asparagin ini juga berfungsi untuk proses transformasi asam amino yang baik untuk kesehatan otak si Kecil. Asparagin banyak terdapat dalam daging, telur, dan susu sehingga masukkan salah satu kudapan ini untuk memenuhi kebutuhannya.

  • Zat Besi

Mineral ini sangat penting dalam produksi dan memelihara mielin serta menjaga aktivitas sel saraf. Selain itu, zat besi berfungsi untuk menjaga kerja enzim yang penting untuk merangsang sel saraf. Jika si Kecil kekurangan zat besi, dapat meningkatkan risiko rendahnya kecerdasan. Zat besi ini juga baik untuk produksi sel darah merah sehingga mengurangi risiko anemia pada anak kecil. Zat besi ini banyak terdapat dalam bayam, telur, daging sapi, kangkung, jagung, chard, aprikot, bit hijau, kacang tanah, kacang hijau, kedelai, dan sereal.

  • Yodium

Yodium ini tidak hanya berguna untuk memproduksi hormon pada kelenjar tiroid, tetapi juga baik untuk kecerdasan si Kecil. Yodium banyak terdapat dalam salmon, tuna, kerang, cod, dan herring. Berikan sesuai dengan kadar yang seharusnya karena kelebihan yodium bisa menyebabkan penyakit hipertiroid. Hal ini membahayakan sistem motoriknya yang membuatnya lamban dalam pergerakan dan kadar protein dalam otak meningkat.

Nah, itulah beberapa mineral penting untuk kesehatan otak balita. Selain nutrisi di atas, omega 3, 6, 9 harus dipenuhi dengan baik karena berguna untuk pembungkus saraf pusat. Yuk Bun, penuhi kebutuhan otak balita, ya!

 

author
No Response

Leave a reply "Inilah Nutrisi Penting untuk Cerdaskan Otak si Kecil"