Iniloh Menu Makanan Seimbang Untuk Balita

No comment 8649 views

gambar37

Makanan seimbang bagi balita – Masa balita adalah masa dimana perkembangan fisik dan mental berkembang dengan pesat. Pada masa ini otak balita telah siap untuk menghadapi berbagai stimulasi seperti belajar berjalan dan mulai berbicara dengan lancar. Selain itu balita juga butuh lebih banyak lemak dibandingkan dengan serat agar berat badan mereka bertambah dengan baik. Oleh karena itu berikanlah si buah hati dengan menu makanan yang seimbang.

Berikut adalah makanan seimbang bagi balita dan juga perbedaan menu makanan yang baik bagi balita :

Perbedaan dan menu makanan yang seimbang untuk balita

  • Perbedaan menu makanan untuk balita

Gula dan garam

Konsumsi garam untuk balita harus 1/6 jumlah maksimum dari jumlah rang dewasa atau kurang dari 1 gram. Perhatikan menu makanan sikecil karena umumnya sikecil tidak cocok dengan makanan orang dewasa atau bahkan bunda terlalu banyak mengandung banyak gula dan garam. Dan bisa saja mengandung bahan pengawet atau pewarna buatan.

Porsi makanan

Porsi makanan untuk sikecil juga harus banyak mengandung nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Karena pada masa ini balita membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu perkembangan mereka.

Kebutuhan energi 

Menu makanan yang mengandung banyak karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral sangat dibutuhkan oleh sikecil oleh karena itu aturlah menu makanan yang bergizi agar asupan gizi mereka terpenuhi dengan baik.

Susu pertumbuhan

Susu adalah salah satu sumber kalsium yang sangat dibutuhkan oleh balita. Setidaknya balita membutuhkan 350 ml susu perhari untuk pelengkap menu makanan sikecil.

  • Menu makanan seimbang

Karbohidrat

Kenalkanlah mereka berbagai jenis makanan karbohidrat secara bergantian seperti nasi, roti, kentang dan sereal. Selain itu karbohidrat juga bisa disajikan sebagai makanan selingan seperti donat kentang atau pudding roti yang lezat.

Buah – buahan dan sayuran

Berikanlah mereka jenis sayuran dan buah – buahan yang banyak mengandung zat gizi. Sajikan setiap hari baik dalam bentuk jus, olahan makanan, atau bisa juga disajikan dengan segar.

Susu

Perhatikan asupan kalsium pada sikecil agar pertumbuhan tulang bertumbuh dengan baik. Bisa juga anda memberikan yogurt jika sikecil mulai bosan dengan susu. susu ternyata juga bisa bermanfaat untuk balita terhindar dari obesitas atau kegemukan dengan mengkonsumsinya sesuai aturan. Susu dapat membantu anak mempertahankan keidealan tubuh, sehingga sanga anak yang mengkonsumsi susu tidak akan terkena obesitas.

Protein

Berikan protein yang cukup pada sikecil seperti ikan, daging, dan telur. Tapi tunda pemberiannya jika mulai timbul alergi dan ganti dengan menu protein yang lainnya. Untuk vegetarian , gabungkanlah konsumsi susu dengan minuman yang mengandung vitamin C agar membantu penyerapan zat besi.

Vitamin dan Serat

Vitamin dan serat diperlukan untuk melengkapi gizi balita sehat. Buah dan sayur adalah dua sumber utama vitamin dan serat yang dibutuhkan balita. Contohnya antara lain pisang, pepaya, jeruk, tomat, dan wortel. Kedua jenis makanan ini sebaiknya ada dalam menu anak sehari-hari. Agar tidak bosan atau jika anak terlanjur tidak suka sayuran, coba siasati menu makanan antara lain dapat diolah menjadi jus, smoothie, milkshake atau puding buah.

Lemak

Berikan lemak yang mengandung omega 3 dan omega 6 seperti yang terkandung dalam mentega, santan dan kue untuk membantu perkembangan otak sikecil. Pastikan agar sikecil mendapat asupan lemak dan gula yang cukup. Tapi bunda harus ingat lemak dan gula bukan enjadi makanan pengganti seperti pengganti kabohidrat.

Peran Makanan Bagi Balita

Makanan berperan sebagai sumber zat gizi untuk balita. Didalam makanan terdapat enam jenis zat gizi, yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Zat gizi ini diperlukan bagi balita sebagai zat pengatur,zat pembangun , dan zat tenaga

  • Zat pengatur

Zat pengatur berfungsi agar faal organ-organ dan jaringan tubuh termasuk otak dapat berjalan seperti yang diharapkan.

  • Zat Pembangun

Protein sebagai zat pembangun bukan hanya untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan organ-organ tubuh balita, tetapi juga menggantikan jaringan yang aus atau rusak.

  • Zat tenaga

Zat gizi yang menghasilkan tenaga atau energi adalah karbohidrat , lemak, dan protein. Bagi balita, tenaga diperlukan untuk melakukan aktivitasnya serta pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu, kebutuhan zat gizi sumber tenaga balita relatif lebih besar daripada orang dewasa.

Itulah bunda beberapa menu makanan seimbang bagi balita yang wajib bunda penuhi. Berikanlah asupan nutrisi seimbang karena dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak sikecil dengan baik. Baca juga : 6 Tips Cerdas Agar Anak Tidak Pilah Pilih Makanan

author
No Response

Leave a reply "Iniloh Menu Makanan Seimbang Untuk Balita"