10 Jajanan Sehat Untuk Memenuhi Nutrisi Balita

Cereal Oatmeal untuk nutrisi balita

Nutrisi Balita – Biasanya ibu tidak membolehkan untuk mengkonsumsi jajanan bagi anaknya karena khawatir tidak memenuhi kandungan nutrisi yang cocok untuk usia balita, sebenarnya jajanan tidak perlu merusak nafsu makan buah hati anda. Bahkan, bisa jadi jajanan yang sehat menjadi keharusan diet nutrisi balita Anda.

Ibu akan kesulitan untuk meminta buah hati Anda duduk di meja untuk makan (balita jauh lebih tertarik bermain daripada makan). Jadi jajanan ringan sesuai nutrisi untuk balita yang dibutuhkan untuk mengisi kesenjangan gizi dan untuk mengisi perut buah hati Anda.

Jajanan ringan sehat sesuai nutrisi akan melindungi kandungan gula darah dalam darah balita Anda, sehingga dia tidak akan rewel, itu karena hormon stres anak meningkat saat takaran gula darahnya mengalami penurunan. Jadi, dapat dikatakan mengkonsumsi jajanan merupakan kebiasaan yang baik, asalkan jajanan yang dikonsumsi si kecil merupakan jajanan sehat.

Bisa jadi ada yang kurang dalam makanan utama buah hati Anda. Bila balita Anda mengkonsumsi roti gandum isi daging yang kaya protein serta serat, ibu bisa mencampurnya dengan yoghurt dicampur dengan buah yang kaya kalsium, vitamin serta mineral. Diet dengan nutrisi balita berguna untuk pertumbuhan balita.

Jenis Jajanan Sehat Untuk Balita

Sebagian jajanan sehat untuk buah hati Anda yaitu:

1. Yoghurt
Yoghurt rendah lemak di hidangkan dengan buah-buahan segar yang lezat dengan kandungan nutrisi untuk balita yang cukup tinggi.

2. Keju
Hidangkan keju yang dipotong dengan beragam wujud unik untuk menggugah selera buah hati Anda dibarengi dengan konsumsi buah dengan kandungan nutrisi balita yang cukup tinggi.

3. Kentang
French fries atau dikukus dapat di sajikan dengan keju.

4. Roti Gandum
Roti gandum disajikan dengan keju leleh untuk memenuhi nutrisi balita berupa serat.

5. Olahan daging ayam
Menu makanan anak yang selanjutnya yang bisa Anda sajikan pada waktu makan malam untuk melengkapi kebutuhan gizi anak yaitu olahan dari daging ayam seperti nugget. Selain praktis, anak-anak biasanya lebih menyukai jenis makanan ini. Untuk menjaga higienitas dan kandungan gizi pada nugget sebaiknya Anda membuat sendiri di rumah.

6. Olahan ikan
Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan protein dengan kadar yang sangat tinggi. Selain itu, ikan juga mengandung omega-3 yang berguna untuk menunjang perkembangan dan kecerdasan otak anak. Supaya anak tidak bosan dengan menu berbahan dasar ikan, sebaiknya Anda menyajikan ikan dengan kreasi yang berbeda-beda. Ikan bisa disajikan dengan cara digoreng tepung atau disajikan dalam bentuk stik ikan. Anak-anak biasanya akan menyukai menu makanan yang unik.

7. Smoothies
Kombinasi yoghurt serta buah, ini merupakan langkah yang tepat untuk memenuhi keperluan nutrisi balita berupa vitamin serta serat.

8. Sereal
Sarapan sereal bukan sekedar praktis, namun juga untuk jajanan sehat anak Anda. Tentu saja kandungan gulanya sebaiknya dihindari.

9. Jajanan Campur
Campur sebagian jajanan sehat yang ada nutrisi untuk anak seperti popcorn (tanpa mentega atau gula), kismis serta kacang-kacangan seperti almond serta kacang mete untuk konsumsi vitamin serta mineral, serat, dan lain-lain.

10. Strawberry
Bila buah hati Anda biasanya mengonsumsi buah apel atau pisang, ada pilihan buah sehat lainnya yaitu strawberry. Strawberry merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan sangat segar untuk dikonsumsi. Anda bisa menyajikannya dengan crepe gandum atau dengan yoghurt agar lebih lezat.

Namun janganlah lupa untuk mencermati takaran ukuran makanan serta jajanan yang dikonsumsi harus sesuai ukuran nutrisi balita Anda. Diet seimbang dalam porsi yang pas akan bagus untuk tumbuh kembang buah hati Anda.

author
No Response

Leave a reply "10 Jajanan Sehat Untuk Memenuhi Nutrisi Balita"