Kenali 4 Macam Buah Sumber Folat

No comment 1618 views

nutrisi balita

Menjaga kesehatan si Kecil dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi balita agar tubuhnya tetap terjaga dari penyakit yang mengintai. Buah dan sayur menjadi kudapan yang disarankan para ahli untuk dikonsumsi balita. Pasalnya, kedua jenis makanan itu menyimpan banyak vitamin dan mineral yang berguna dalam masa pertumbuhan si Kecil. (Baca juga: Tahukah Anda, Waktu Minum Susu yang Baik?)

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan si Kecil untuk dalam pembentukan sel-sel baru atau regenerasi. Selain itu, asam folat berguna dalam memproduksi sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung. Jika asupannya kurang, maka tubuh si Kecil rentan terhadap serangan kanker. Lalu, Buah apa saja yang kaya sumber folat? Yuk, simak informasinya seperti yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Stroberi

Tahukah Anda, mengonsumsi 8 buah stroberi mampu menyumbangkan 50 kalori tanpa menambahkan jumlah kolesterol. Campurkan stroberi pada camilan sehatnya atau bisa dijadikan jus sehat. Mengonsumsi stroberi sesuai porsi, dapat memenuhi kebutuhan folat sekitar 7,5 persen per hari.

  • Jeruk

Buah yang berwarna orange ini terkenal dengan kandungan vitamin C-nya. Ternyata, buah yang satu ini menyimpan banyak kandungan folat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dalam satu buah jeruk, mampu menyumbangkan sekitar 20% dari kebutuhan asam folat setiap hari. Karena kandungan vitamin C-nya yang cukup banyak, jeruk menjadi salah satu buah yang menjadi penangkal radikal bebas yang baik. Namun, Anda harus memilih jeruk yang benar-benar matang dan manis, sebab dapat mengganggu sistem pencernaan si Kecil apabila terlalu asam.

  • Alpukat

Buah ini terkenal bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan menangkal gejala flu. Kandungan vitamin E yang banyak dalam alpukat dapat menetralkan radikal bebas dan mengurangi risiko infeksi. Manfaat alpukat yang lain yaitu meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah sembelit. Dalam satu buah alpukat, mengandung sebanyak 114 mikrogram asam folat.

  • Pisang

Buah yang bertekstur lembut ini cocok untuk dikonsumsi si Kecil sejak ia diperbolehkan mendapatkan MPASI. Rasanya yang manis baik untuk mengenalkan rasa yang baru pada si Kecil sebelum ia mengenal rasa yang lain seperti asin, gurih, dan pedas. Pisang juga mengandung banyak serat sehingga mengurangi risiko sembelit yang mengintainya. Dalam dua buah pisang, menyediakan 58 mikrogram asam folat.

Gimana Bu, bisa kan memenuhi kebutuhan nutrisi balita? Buah-buah itu terbilang cukup mudah didapatkan. Meskipun si Kecil sangat menyukai buah-buah tersebut, jangan memberikan porsi yang berlebihan. Yuk, berikan yang terbaik untuknya!

author
No Response

Leave a reply "Kenali 4 Macam Buah Sumber Folat"