Ketahui 6 Manfaat Ubi Jalar untuk Anak Berikut!

No comment 3924 views

Ketahui 4 Manfaat Ubi Jalar untuk Anak Berikut!

Manfaat ubi jalar untuk anak – Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh ibu untuk mendukung anaknya pada masa pertumbuhan yaitu dengan memperhatikan pola makan. Diusia balita dan anak – anak sangat penting mendapatkan asupan nutrisi yang banyak agar pertumbuhan balita sempurna. Sebagai ibu Anda harus menyiapkan makanan bergizi dan sehat untuk anak salah satunya dengan menambahkan ubi jalar dalam daftar menu makanan balita.

Ubi jalar merupakan makanan yang tidak asing lagi dan banyak ditemui ketika Anda berbelanja ke pasar. Ubi jalar ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat penting untuk anak. Inilah manfaat ubi jalar untuk anak yang harus Anda ketahui sebagai pertimbangan bahwa memasukan ubi jalar dalam daftar menu makanan anak itu penting.

Manfaat ubi jalar untuk balita

1. Meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh)
Ubi jalar mengandung banyak vitamin C, yang membantu menjaga kulit Anda tetap sehat. Tapi Vitamin C tidak lebih dari sekedar memberi kita kulit yang indah! Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk balita, dunia ini penuh dengan risiko kesehatan. Sedikit cuaca dingin saja dapat menjadi masalah serius bagi balita. Tapi dengan sistem kekebalan yang lebih kuat, tubuh anak Anda dapat melawan berbagai penyakit umum dengan mudah.

2. Kaya zat besi
Tak hanya orang dewasa, bayi dan balita juga rentan mengalami anemia. Karenanya, Anda bisa memberikan ubi jalar yang mengandung zat besi untuk mencegah anemia dan meningkatkan sel darah putih. Selain itu, ubi jalar juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

3. Mengandung vitamin D
Ubi jalar ternyata juga memiliki kandungan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa bayi dan balita tidak hanya membutuhkan vitamin C untuk pertumbuhannya, melainkan juga vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan gigi dan tulang. Vitamin D dalam ubi jalar juga dapat membantu meningkatkan energi sang buah hati.

4. Tinggi kalori
Bayi tentu membutuhkan banyak kalori untuk masa pertumbuhan dan perkembangannya. Kalori yang tinggi dapat Anda temukan dalam ubi jalar di mana dalam satu sajian terdapat sebanyak 90 kalori.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Menurut Duke dokter mata Jill Koury, MD, kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan segmen luar fotoreseptor mata memburuk, merusak penglihatan normal. Memperbaiki kekurangan vitamin A dengan makanan tinggi beta karoten akan mengembalikan kemampuan penglihatan bun.

Dari berbagai catatan, vitamin C dan E dalam ubi jalar telah terbukti mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif. Asupan tinggi dari berbagai jenis manfaat buah-buahan (3 porsi atau lebih per hari) juga telah terbukti mengurangi risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia lho bun.

6. Mengurangi Tekanan Darah

Untuk mempertahankan asupan natrium yang rendah sangatlah penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya. Menurut the National Health and Nutrition Examination Survey, kurang lebih dari 2% orang dewasa di AS memenuhi rekomendasi harian kalium yaitu 4.700 mg. Satu ubi jalar ini  menyediakan sekitar 542 miligram. Asupan kalium tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian akibat tekanan darah tinggi lho bun.

Apabila bunda bingung agar si kecil mau memakan ubi ungu, cobalah untuk membuat olahan makanan terbuat dari ubi. Yuk, simak apa saja makanan olahannya yang dapat anda buat di rumah.

1. Pure

Selanjutnya anda dapat membuat pure yaitu dengan mencampurkan 3 sdm ASI. Misalnya anda akan membuat pure ubi maka anda dapat membuatnya dari 3 ubi ukuran sedang yang ditambah dengan 3 sdm ASI. Sedangkan untuk puree apel anda dapat menambahkan 3 buah apel dengan 1 sdm ASI.

2. jus

Anda dapat dengan mudah membuat jus dari buah apel segar. Sedangkan anda yang akan memberikan jus ubi jalar maka anda dapat mengukusnya terlebih dahulu.

3. Cemilan

Memasuki usia yang semakin bertambah anda dapat memberikan potongan langsung apel atau ubi yang sudah dikukus. Dengan demikian membuat bayi melatih gigi yang sedang tumbuh dan mengenal tekstur yang bervariasi sesuai dengan usia bayi.

4. Bubur Ayam Ubi Apel

Anda dapat membuat bubur ayam dengan campuran ubi dan apel. Bahan dan cara membuatnya sama dengan bubur ayam hanya saja ditambahkan 1/4 apel dan 1 ubi berukuran kecil.

Nah, kali ini bunda telah mengetahi manfaat ubi jalar untuk anak bukan? Jangan berfikir dua kali lagi untuk memberikan anak ubi jalar dalam daftar menu makanannya. Baca juga : 8 Langkah Tepat Merawat Bayi Baru Lahir

author
No Response

Leave a reply "Ketahui 6 Manfaat Ubi Jalar untuk Anak Berikut!"