Mengapa Nutrisi Balita Penting?

No comment 1046 views

nutrisi balita

Nutrisi Balita – Pemilihan makanan guna memenuhi nutrisi balita merupakan salah satu tugas penting orang tua untuk memberikannya pada anak-anaknya. Kualitas nutrisi penting bagi balita, karena mempengaruhi perkembangan fisik dan mental serta membantu untuk mencegah dan mengatasi penyakit.

Nutrisi sangat penting bagi semua orang, tetapi sangat penting bagi anak-anak terutama balita. Tahu kah anda kenapa nutrisi balita itu penting sekali? karena secara langsung terkait dengan semua aspek pertumbuhan dan perkembangan mereka. Itulah nanti faktor-faktor yang akan memiliki hubungan langsung dengan tingkat kesehatan saat balita ini menjadi dewasa.

Dengan memberikan nutrisi yang tepat maka secara tidak langsung orang tua juga akan membantu mempromosikan kualitas hidup yang lebih baik bagi balitanya. Jika Anda menanamkan tren nutrisi yang tepat pada sang balita, ini akan memungkinkan perkembangan mereka dengan lebih baik dan tentunya dengan semangat yang lebih besar daripada jika sebelumnya nutrisi balita anak Anda tidak diperhatikan.

Alasan besar lain mengapa nutrisi balita sangat penting, karena dengan pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak di dalam kandungan sampai usia 3 tahun, maka semakin banyak jumlah sel-sel otak bayi. Semakin bagus kualitas percabangan sel-sel otak, dan semakin bagus fungsi sinaps antara sel-sel otak bayi dan balita.

Kekurangan nutrisi balita seperti zat besi dan vitamin C dapat mengganggu otak dan fungsi tubuh. Selain itu setiap makanan yang dimakan oleh oang dewasa tidak sealu baik di konsumsi oleh anak-anak, terlebih untuk seorang balita. Balita seharusnya tidak diperbolehkan untuk mengisi perutnya dengan minuman padat kalori, termasuk jus buah.

Pemberian makan makanan ringan juga merupakan hal yang buruk, karena makanan tersebut tidak dapat membuat kenyang sang balita karena nutrisi yang terkandung tidak ada sama sekali yang untuk balita.

Menyediakan nutrisi yang tepat untuk anak sejak dini secara tidak langsung dapat juga mengajarkan pada mereka untuk menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan gizinya di masa yang akan datang.

Kesimpulannya, pemberian nutrisi yang baik sangat penting untuk mencegah beberapa masalah gizi yang tidak memadai sehingga di khawatirkan akan dapat menyebabkan masalah seperti perawakan pendek dan pubertas tertunda.

Disisi lain kekurangan gizi juga akan menyebabkan kesehatan tulang yang buruk dan meningkatkan risiko cedera. Satu hal yang paling berdampak adalah performa akademis menjadi buruk dan peningkatan risiko gangguan makan. Itulah alasan kenapa orang tua harus mengajarkan kepada anak-anak pentingnya nutrisi.

No Response

Leave a reply "Mengapa Nutrisi Balita Penting?"