Moms, Ini Lho Nutrisi Bayi yang Wajib Dipenuhi

 

Baby playing with alphabet blocks

Baby playing with alphabet blocks

Rasa senang yang Bunda rasakan ketika melihat bayi di dalam pelukan Anda pasti tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Setelah masa kehamilan 9 bulan yang terasa panjang dan masa persalinan yang mendebarkan, sangatlah wajar bagi Anda untuk merasakan kebahagiaan yang membuncah. Tapi ingat, Moms. Tanggung jawab baru kini menanti Anda, yaitu bagaimana cara Anda memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Untuk itu, Anda wajib tahu terlebih dahulu apa saja nutrisi bayi yang wajib dipenuhi, mulai dari saat bayi berusia 0-6 bulan hingga ia menginjak usia balita.

 
• Bayi Berusia 0-6 Bulan
Di usia ini, nutrisi bayi yang wajib dipenuhi dapat ia peroleh dengan mudah cukup dengan mengkonsumsi ASI. Di rentang usia tersebut, bayi masih belum bisa memperoleh nutrisi dari jenis makanan lain karena sistem pencernaannya yang belum terlalu kuat. Kualitas ASI sendiri ditentukan dari jenis makanan yang Anda konsumsi. Jadi Anda wajib memperbanyak konsumsi makanan bergizi seperti sayuran hijau, buah-buahan, daging, telur, dan kacang-kacangan. Dan sebaliknya, ada baiknya Anda menjauhi konsumsi makanan cepat saji dan makanan instant.

 

• Bayi di Atas 6 Bulan dan Balita
Saat bayi Anda mulai menginjak usia 6 bulan, selamat! Bayi Anda sudah mulai bisa sedikit demi sedikit disapih dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Dan karena ia sudah tidak terlalu tergantung dengan ASI, sudah saatnya bagi si kecil untuk diperkenalkan dengan berbagai macam sumber makanan bernutrisi. Selama ia berada dalam periode MPASI, ia wajib memperoleh nutrisi berikut:

– Karbohidrat : Zat karbohidrat adalah salah satu sumber energi yang paling utama dan sangat dibutuhkan oleh bayi Anda. Salah satu sumber karbohidrat yang sangat kita kenal adalah nasi, namun alangkah baiknya jika Anda memperkenalkan jenis karbohidrat kompleksyang terdapat pada oatmeals, beras merah, atau beras hitam.

– Protein: Zat makanan satu ini merupakan zat makanan yang diperlukan oleh tubuh untuk memelihara jaringan serta sel organ tubuh bayi. Tak hanya itu, protein juga memegang peranan yang sangat penting terhadap perkembangan otak. Protein bisa ditemukan dengan mudah di dalam produk makanan hewani seperti daging, susu sapi dan produk turunannya. Selain itu, si kecil juga dapat memperoleh protein dari tahu, tempe, dan kacang-kacangan .

– Lemak: Bagi bayi yang sedang mengalami masa perkembangan, asupan lemak sangatlah berpengaruh dalam pembentukan membran sel otak bayi. Cadangan lemak di dalam tubuh bayi juga bermanfaat sebagai cadangan energi sekaligus membantu kestabilan hormon. Lemak sehat dapat ditemukan di dalam minyak sayur, margarin, mentega, dan santan. Lemak juga terdapat pada daging sapi, daging ayam, dan buah alpukat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai nutrisi bayi yang wajib dipenuhi. Semoga informasi ini memberikan manfaat ya, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Lho Nutrisi Bayi yang Wajib Dipenuhi"