Tahukah Anda, Waktu Minum Susu yang Baik?

No comment 43505 views

minum susu

Dalam masa pertumbuhan ini, si Kecil harus selalu minum susu agar ia tumbuh dengan baik. Susu menyimpan banyak mineral dan vitamin yang untuk tubuhnya untuk menunjang tumbuh kembangnya. Salah satu kandungan baik dalam susu, yaitu kandungan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Kapan biasanya Anda memberikan susu pada si Kecil? Pertanyaan ini sering muncul dari para orang tua yang belum mengetahui waktu yang tepat untuk minum susu. Yuk, simak informasi menarik yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini: (Baca juga: Kenali 4 Macam Buah Sumber Folat)

  • Pagi Hari

Saat sarapan, menjadi waktu yang tepat untuk memberinya satu gelas susu untuk menyiapkan cukup energi saat belajar di sekolah. Pada waktu minum susu di pagi hari, sebaiknya jangan menyandingkan dengan makanan-makanan yang kaya akan zat besi. Sebab, penyerapan kalsium dapat terhambat. Aturlah menu makanan dengan sebaiknya agar kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dengan baik.

  • Malam Hari

Bu, jangan biarkan tidur malam sebelum minum segelas susu, ya! Minum susu menjelang tidur dapat membuatnya lebih rileks, nyenyak tidur, dan melancarkan sistem pencernaannya. Dengan pencernaan yang lancar, akan memudahkan si Kecil untuk buang air besar pada pagi harinya.

  • Hindari Minum Susu saat Makan Besar

Penyerapan kalsium dalam tubuh dapat terhambat apabila dibarengi dengan makanan yang kaya zat besi. Oleh karena itu, saat Anda menyiapkan menu makanan yang banyak sayur hijau dan daging, jangan berikan si Kecil susu. Biarkan ia menikmati menu makanannya tersebut dan tubuh dapat menyerapnya dengan baik. Sebagai gantinya, siapkan segelan susu pada jeda waktu makan siang dan makan malam.

Meski si Kecil terus meminta minum susu, jangan diberikan apabila telah melebihi porsi yang seharusnya. Sebab, minum susu yang terlalu banyak dapat menyebabkan pigmentasi kulit. Susu memang banyak mengandung vitamin D, kalsium, dan mineral lain yang berguna untuk tubuhnya. Namun, semua itu dibutuhkan sesuai porsi yang seharusnya.

Lantas, berapa kali seharusnya si Kecil minum susu? Porsi minum susu tergantung pada usianya. Untuk balita yang berusia 2-3 tahun, berikan dua gelas susu per hari. Sedangkan untuk usia 4-5 ke atas, ia membutuhkan 2,5 gelas per hari. Nah, dengan mengtahui porsi dan waktu yang tepat saat minum susu, tentu penyerapan kalsium akan maksimal.

Selain itu agar bisa merasakan manfaat dari susu yang diminum maka Anda wajib perhatikan hal berikut.

1. Hal terpenting yang dilakukan sebelum mengkonsumsi susu yaitu perhatikan produk susu yang Anda beli, apakah sudah sesuai dengan usia anak? Karena setiap susu memiliki komposisi yang berbeda sesuai dengan usia anak. Jika Anda memberikan susu yang tidak sesuai dengan usianya bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan anak. Padahal minum susu yang seharusnya memberikan manfaat seperti membatu perkembangan otak bayi justru malah memberikan gangguan pada kesehatannya.

2. Tidak hanya obat, susu juga memiliki dosis dalam penyajiannya. Berikan anak susu sesuai dengan takaran yang terdapat di balik kemasan susu. Jangan terlalu encer dan terlalu kental, jika terlalu kental dapat membuat anak sembelit. Biasanya di dalam kemasan terdapat sendok takar yang dapat membantu Anda untuk mengukur jumlah susu yang harus Anda berikan per-sajian.

3. Sebelum membuat susu, pastikan perlatan membuat susu dan botol susu bayi dalam keadan bersih dan steril. Rebus dulu air hingga mendidih sebelum digunakan untuk campuran susu. Jangan sekali – sekali memberikan susu yang sudah di diamkan lebih dari satu jam walaupun sisa susu masih banyak lebih baik untuk membuatnya lagi. Karena susu yang sudah lama di diamkan mengandung bakteri yang dapat membahayakan pencernaan anak hingga mengalami infeksi pada perut.

4. Pastikan Anda memasang botol dengan tepat agar tidak dimasuki oleh udara. Saat memberikan susu kepada bayi miringkan sedikit ujungnya hingga terlihat ujung dot tepenuhi dengan susu. Jika Anda melihat gelembung – gelembung saat bayi sedang menghisapnya berarti kurang tepat saat memasang botol susunya.

Selain memperhatikanĀ waktu yang tepat untuk minum susu Anda juga wajib memperhatikan empat hal di atas agar tidak sia – sia dalam memberikan susu kepada bayi. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk memberikan yang terbaik untuk bayi kecil kesayangan.

author
No Response

Leave a reply "Tahukah Anda, Waktu Minum Susu yang Baik?"