Tips Menambah Nafsu Makan Anak Dengan Curcuma Plus

Tips Menambah Nafsu Makan Anak Dengan Curcuma Plus

Tips Menambah Nafsu Makan – Berbagai Cara Menambah Nafsu Makan Bayi dan Balita seolah tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi bayi dan balita yang sulit makan. Bahkan tak jarang para ibu menjadi tertekan dan stress dalam menghadapi buah hatinya. Setiap ibu selalu diliputi kekhawatiran soal kecukupan gizi buah hatinya. Belum lagi jika bayi dan balita susah makan atau pilih-pilih makanan.

Makanan tinggi nutrisi dapat merangsang nafsu makan pada anak-anak, karena mengandung vitamin dan mineral. Buah-buahan memiliki jumlah vitamin yang tinggi vitamin A, C dan serat seperti, mangga, pisang, jeruk dan blueberry. Memasukkan buah-buahan segar ke dalam smoothie dan tambahkan yoghurt (sumber serat, kalsium dan B12). Sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, dan lainnya.

Ketika si kecil berusia 6 bulan, saatnya mulai memberikan makanan padat pendamping ASI. Saat inilah Anda mesti lebih cermat memperhatikan pola makannya. Mulai dari memberinya bubur susu, sari buah, lalu bertahap ke tekstur makanan yang lebih padat seperti nasi tim, dan seterusnya.

Sebelum kita membahas tentang cara menambah nafsu makan anak dengan curcuma plus, setidaknya kita akan membahas tentang tips menambah nafsu makan anak secara alami. Berikut ini adalah cara menambah nafsu makan anak secara alami yang tentu saja akan menambah asupan gizi yang masuk dalam tubuh sang buah hati.

Cara Menambah Nafsu Makan Anak Secara Alami

Kondisi di mana si anak akan lebih lahap di saat makan bersama dengan teman-temannya, di bandingkan dengan saat dia makan sendiri. Dari sini kita bisa ambil kesimpulan apa yang membuat buah hati Anda kurang nafsu makan. Memang pada umumnya ada banyak sekali hal yang dapat membuat anak malas makan. Mulai sekarang Anda bisa mencoba beberapa metode atau cara untuk menambah nafsu makan anak secara alami seperti tips yang dibawakan tim katalogibu.com berikut ini.

  • Ajak Anak Anda Berolahraga

Ajak anak anda untuk melakukan aktivitas seperti kebanyakan anak lainnya. Atau ajaklah dia bermain supaya tubuhnya lebih aktif untuk bergerak. Tentunya saat saat anak berolahraga atau menggerakan tubuhnya secara aktif, maka detak jantungnya akan meningkat. Apakah anda tahu jika hal ini akan membuat pembakaran kalori di dalam tubuh lebih terasa optimal. Dengan cara ini, mungkin bisa di jadikan salah satu cara menambah nafsu makan anak terbaik saat ini.

  • Biasakan Untuk Tidak Minum Sebelum Makan

Tips menambah nafsu makan anak yang selanjutnya adalah dengan cara menghindari minum sebelum makan. Sebelum anak makan, lebih baik Anda arahkan anak Anda agar tidak minum terlebih dahulu. Alasannya yakni di karenakan air yang dikonsumsi oleh si anak bisa memenuhi perut dan tentu saja dengan penuhnya perut akan membuat perut terasa kenyang. Jika sudah seperti itu maka akan mengakibatkan nafsu makan anak berkurang.

  • Buat Anak Tertawa

Coba lihat anak Anda yang hanya diam atau murung di rumah dan jangan biarkan hal itu terjadi, usahakan untuk selalu menghibur dirinya supaya tertawa. Sebuah penelitian dari dr. Loma Linda telah mengungkapkan bahwa ternyata aktivitas tertawa bisa berpengaruh atau mempengaruhi nafsu makan, baik terhadap orang dewasa atau pada anak. Cara menambah nafsu makan anak yang satu ini bisa Anda coba sebagai pengganti apabila si anak tidak memungkinkan untuk diajak berolahraga di luar rumah.

Baca juga:

Sayangnya proses ini tak selalu berjalan mulus, ada beberapa penyebab yang membuat si kecil susah makan. Biasanya ini terjadi ketika usianya memasuki tahun pertama. Berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan bayi dan balita tidak nafsu makan :

1. Kenyang dengan camilan
Jika anda adalah tipikal orangtua yang selalu menyediakan camilan atau memberikan jajanan pada anak, maka jangan heran jika minat anak untuk makan akan menjadi menurun. Sebab, ketika anak sudah dibiasakan untuk jajan, maka nafsu makannya terhadap makanan pokok akan menjadi menurun sebab perutnya telah lebih dulu diisi dengan jajanan. Selain itu, sajian camilan dengan beragam bentuk, rasa dan warna akan cenderung membuat anak lebih tertarik menyantap camilan dibandingkan dengan nasi dan lauk pauk.

2. Sedang aktif-aktifnya
Jangankan anak-anak, orang dewasa pun bila sedang aktif-aktifnya bekerja tentu tidak ingat makan. Begitu pula yang terjadi pada anak-anak yang memasuki masa dimana ia bisa merangkak, berjalan, atau berbicara. Tingkat eksplorasinya akan semakin tinggi. Ia akan lebih tertarik mengenali sesuatu yang baru daripada menjalankan rutinitas makan.

3. Bosan dengan menu makanan
Di usia balita setelah anak mulai mengenal pilihannya sendiri terhadap bentuk dan rasa dari makanan, maka hal ini akan memunculkan sifat memilih dan menentukan makanan sendiri pada anak. Dengan demikian, jika anda menghidangkan makanan yang itu-itu saja, bisa jadi si anak bosan dan menginginkan sesuatu atau menu makanan yang baru.

4. Cari Perhatian
Terkadang rewelnya anak dalam urusan makan disebabkan karena ingin mencari perhatian dan ingin dimanja-manja. Apalagi bila Anda seorang Ibu yang sekaligus wanita yang berkarir di luar rumah. Tentu waktu kebersamaan dengan si kecil berkurang. Penolakan makan bisa jadi karena ia ingin Anda membujuknya dan menuntut Anda bisa lebih lama lagi meluangkan waktu untuknya. Dengan mencari perhatian buat si uah hati, dia akan merasa tertarik dengan apa yang bunda tawarkan.

Adapun beberapa Cara dan Tips Menambah Nafsu Makan Bayi dan Balita :

  • Bayi dan balita belum memiliki nafsu makan yang kuat. Oleh karena itu, mereka enggan makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Agar bayi dan balita tetap memperoleh asupan gizi yang cukup, Anda perlu mengatur jadwal makannya.
  • Anda perlu mengontrol asupan cairan pada bayi dan balita. Jika Anda memberikan susu kepada bayi dan balita secara berlebihan, maka tidak ada ruang bagi makanan di dalam perutnya. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi asupan cairan pada bayi dan balita.
  • Jangan terus-menerus memberi jenis makanan yang sama pada bayi dan balita. Mengubah menu makan setiap hari dapat meningkatkan nafsu makan bayi dan balita.
  • Agar aktivitas makan jadi kebiasaan bagi bayi dan balita, Anda perlu memberinya makan dengan porsi kecil namun mengandung gizi tinggi.
  • Salah satu faktor penyebab nafsu makan bayi dan balita berkurang adalah mainan. Mungkin, si kecil sedang sibuk dengan mainan baru sehingga dia tidak mau makan. Oleh karena itu, Anda perlu mengalihkan perhatian si kecil atau mencuri waktu untuk sekadar menyuapinya sedikit demi sedikit.
  • Anda perlu menyajikan makanan secara unik dan menghiasnya agar bayi dan balita tertarik untuk makan.

Selain beberapa Cara Menambah Nafsu Makan Bayi dan Balita diatas, salah satu vitamin yang bisa meningkatkan nafsu makan bayi dan balita yaitu dengan mengkonsumsi Curcuma Plus. Baca juga : Tips Menambah Berat Badan Janin

author
No Response

Leave a reply "Tips Menambah Nafsu Makan Anak Dengan Curcuma Plus"