Waspadai 5 Makanan Berbahaya untuk Si Kecil

makanan berbahaya

Halo Ibu, apa kegiatan hari ini? Bu, meski setiap hari disibukkan dengan jadwal pekerjaan yang menumpuk, tetapi tetap harus memperhatikan asupan nutrisi balita. Sebab, usia si Kecil yang telah memasuki umur 6 bulan, ia diperbolehkan untuk mendapatkan MPASI. Agar sistem pencernaannya tetap terjaga,  hindarkan si Kecil dari beragam makanan berbahaya seperti yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini: (Baca juga :3 Olahan Oat untuk Camilan Sehat si Kecil)

  • Kacang

Kudapan ini bisa menyebabkan alergi yang ditandai dengan munculnya anaphylactic shock berupa sesak dan beberapa bagian tubuh membengkak. Agar ia terhindar dari risiko tersebut, sebaiknya hindarkan makanan ini terutama jika ada riwayat alergi pada keluarga.

  • Putih Telur

Perlu Anda tahu, putih telur ini memiliki sifat allergenic sehingga tidak aman jika dikonsumsi bayi di bawah usia 12 bulan. Untuk menghindarkannya dari alergi, berikan kuning telur pada usianya yang telah menginjak minimal 7 bulan. Konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi untuk mengetahui usia minimal si Kecil diperbolehkan mengonsumsi telur.

  • Cokelat

Makanan paling disukai si Kecil karena rasanya sangat manis. Namun, Ibu harus cermat memnjauhkan makanan ini karena mengandung banyak kafein. Apabila jumlahnya terlalu banyak, dapat menyebabkan sakit kepala kepada bayi. Selain itu, kandungan kacang dan susu yang umum terdapat dalam cokelat dapat meningkatkan risiko alergi pada bayi, terutama ketika usianya di bwah 24 bulan.

  • Udang

Salah satu makanan laut ini banyak menawarkan protein yang baik untuk memenuhi nutrisi balita. Namun, Anda jangan terlalu terburu-buru untuk mencapmpurkannya ke dalam kudapan si Kecil. Sebab, sebagian besar seafood seperti udang, kepiting, dan kerang memiliki risiko yang cukup tinggi untuk menimbulkan alergi pada si Kecil, terutama usianya masih di bawah 12 bulan.

  • Jeruk

Meski tak menyebabkan banyak alergi, tetapi kandungan asam yang tinggi dapat menyebabkan masalah pada pencernaan si Kecil yang belum sempurna. Saat usianya telah berusia di atas 8 bulan, pilhlah jeruk yang matang dan manis agar tak mengganggu pencernaannya.

Bukan hanya dari jenisnya saja yang perlu Anda perhatikan saat menyiapkan kudapan untuk si Kecil. Perhatikan kebersihan dan kandungan zat kimia di dalamnya yang bisa berdampak langsung pada kesehatan si Kecil. Hindarkan makanan yang banyak mengandung MSG, pengawet, pemutih, dan pemanis buatan agar nutrisi balita terserap dengan baik. Konsultasikan dengan dokter apabila timbul gejala alergi pada si Kecil, misalnya bintik-bintik merah, gatal-gatal, dan bengkak. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, ya!

 

author
No Response

Leave a reply "Waspadai 5 Makanan Berbahaya untuk Si Kecil"