3 Nutrisi dalam Susu untuk Kehamilan

No comment 85 views

Consumed-During-Pregnancy

“Konsumsi susu secara teratur”, adalah saran yang pastinya sering Anda temui, baik saat Anda menjelajahi forum kehamilan, maupun saat Anda berbincang-bincang dengan teman-teman dan anggota keluarga Anda. Susu memang dikenal sebagai salah satu jenis minuman yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil demi mendukung perkembangan janin di dalam rahimnya. Nutrisi dalam susu seperti kalsium, vitamin D, protein, dan nutrisi lain memang sangat dibutuhkan untuk menjaga usia kehamilan yang sehat. Simak yuk penjelasan lebih lanjutnya berikut ini.

 
• Kalsium
Selama masa perkembangannya, bayi Anda akan membutuhkan asupan kalsium yang cukup, dan apabila ia tidak mendapatkannya maka tubuh akan mengambil kadar kalsium dalam tulang tubuh Anda untuk kemudian dialirkan pada janin Anda. Kalsium merupakan nutrisi dalam susu dengan persentase yang cukup banyak. Jadi tak mengherankan jika susu dianggap sebagai sumber kalsium yang paling ideal.

Kalsium dalam susu tidak hanya membantu mencegah osteoporosis pada ibu dan membantu perkembangan tulang dan gigi bayi, tapi juga membantu proses perkembangan organ-organ vital pada janin. Contohnya seperti proses perkembangan jantung, membantu memaksimalkan perkembangan syaraf otak dan otot, sekaligus membentuk kemampuan pembekuan darah pada bayi.

 
• Asam Folat
Bagi janin, asam folat berfungsi untuk membantu mengawal perkembangan sistem syaraf bayi sekaligus mencegah kemungkinan terjadinya cacat syaraf otak dan spina bifida pada bayi. Selain itu, asam folat juga menjadi komponen yang sangat penting dalam proses pembentukan sel-sel darah dan protein, sekaligus memaksimalkan fungsi kerja enzim bagi ibu hamil.

Pada usia kehamilan, terutama pada trimester pertama ibu umumnya membutuhkan asupan asam folat sebanyak 400 mikrogram-/hari. Anda bisa memperoleh asam folat dari berbagai macam variasi bahan makanan, salah satunya adalah dengan meminum susu. Tapi, jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan bahan makanan lain yang kaya akan asam folat seperti sayuran berdaun hijau serta buah-buah-buahan segar.

 
• Vitamin D
Vitamin D dalam susu memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh Anda. Vitamin ini berfungsi untuk mengatur kadar kalsium serta fosfat dalam tubuh. Vitamin D juga merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu membentengi tubuh ibu hamil dan janin dari berbagai macam infeksi yang dapat mengancam kesehatan. Dan dalam sehari, ibu hamil memerlukan sekitar 5-15, atau 200-600 IU vitamin D. Rajin-rajinlah mengkonsumsi yang dikombinasikan dengan jenis makanan lain yang sarat akan vitamin D ya, Moms.

 
Demikianlah informasi singkat mengenai nutrisi dalam susu yang baik untuk kehamilan. Semoga bermanfaat, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "3 Nutrisi dalam Susu untuk Kehamilan"