5 Jenis Asupan Gizi Wajib untuk Kehamilan Trimester Pertama

5 Jenis Asupan Gizi Wajib untuk Kehamilan Trimester PertamaAsupan gizi kehamilan trimester pertama – Mendengar kabar dari dokter jika Anda positif hamil merupakan hal yang tak ternilai harganya, apalagi jika merupakan pasangan yang sedang menanti hadirnya buah hati di tengah – tengah keluarga. Namun saat hamil tentu saja Anda disibukan dengan kegiatan merawat janin dalam kandungan dan tidak boleh sembarangan dalam melakukan hal apapun.

Hal terpenting di usia kehamilan trimester pertama yaitu menjaga asupan gizi, karena pada usia kehamilan ini nutrisi sangat berpengaruh pada perkembangan janin dan tubuh ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil harus memperhatikan makanan yang ia makan pada awal awal kehamilan untuk menambah stamina dan menjaga daya tahan tubuh ibu hamil makanan yang tepat juga dapat menyehatkan janin yang dalam proses tumbuh kembangnya dalam rahim.

Berikut asupan gizi kehamilan trimester pertama yang harus dipenuhi ibu hamil untuk mendukung kehamilannya.

Jenis nutrisi kehamilan trimester pertama

1. Sayuran
Jika biasanya Anda kurang menyukai sayuran, ketika hamil terutama pada usia kehamilan trimester pertama disarankan untuk menyukai sayuran dan perbanyak makan sayuran karena sayuran sangat baik untuk perkembangan janin anda dan juga menambah stamina anda sendiri, jangan pernah menolak sayur lagi sebab kini apa yang anda makan adalah makanan untuk perkembangan janin anda.

Suka tidak suka dengan sayur ingatlah bahwa itu untuk anak anda, untuk perkembangan anak anda dan kesehatan nya di dalam kandungan.

Sayuran yang disarankan untuk di konsumsi ibu hamil adalah sayur sayuran seperti bayam karena mengandung zat besi yang tinggi yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin di dalam tubuh ibu hamil, sayur juga dapat mengatasi morning sickness pada ibu hamil.

2. Buah Buahan
Buah buahan merupakan salah satu nutrisi yang penting apalagi untuk kehamilan trimester pertama, buah buahan sangat baik untuk menambah stamina ibu hamil dan untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan, salah satu buah yang baik untuk ibu hamil yaitu pisang dan apel.Buah pisang kaya akan asam folat yang sangat baik untuk perkembangan sel sel otak bayi di dalam kandungan.

3. Seafood
Seafood adalah salah satu makanan bergizi tinggi yang sangat baik untuk bayi Anda, bayi dalam pertumbuhan membutuhkan nutrisi yang sangat banyak seperti protein, vitamin a, dan omega 3, yang semuanya terkandung dalam makanan sea food seperti udang, ikan, cumi cumi ataupun lobster yang sangat baik untuk pertumbuhan otak calon bayi Anda.

4. Susu
Makanan sehat untuk kehamilan trimester pertama berikutnya yaitu susu dan produk olahan nya, susu adalah asupan wajib bagi ibu hamil untuk tambahan nutrisi. Ibu hamil harus mengkonsumsi produk olahan susu seperti yoghurt, keju dan sejenis nya karena asupan seperti susu dan produk olahan nya memiliki nutrisi yang tinggi seperti protein yang sangat baik untuk pertumbuhan otot dan sel sel dalam tubuh bayi anda.

5. Sereal
Sereal merupakan salah satu makanan yang dibutuhkan oleh ibu hamil karena mengandung karbo, Vitamin B, serta kalsium yang dibutuhkan bayi dan meningkat kan kondisi tubuh ibu hamil, selain itu sereal juga makanan yang kaya akan serat yang sangat baik untuk tubuh.

Untuk memenuhi asupan gizi kehamilan trimester pertama, Anda harus menambahkan kelima macam makanan kedalam daftar menu harian. Sangat penting untuk ibu hamil memenuhi asupan gizinya demi calon bayi agar lahir sehat dan cerdas. Namun jauhi makanan yang mengandung alkohol dan kafein, wanita yang sering mengonsumsi minuman beralkohol menempatkan bayinya pada risiko tinggi menderita alcohol spectrum disorder yang dapat mengakibatkan berbagai efek.  Baca juga : 4 Cara Mengatasi Pendarahan Pada Ibu Hamil Muda

author
No Response

Leave a reply "5 Jenis Asupan Gizi Wajib untuk Kehamilan Trimester Pertama"