Bunda, Inilah Nutrisi Ibu Hamil Untuk Kehamilan Yang Sehat

Nutrisi Ibu Hamil Untuk Kehamilan Yang Sehat

Bagi ibu hamil, mengetahui nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan merupakan hal yang wajib untuk diketahui. Karena, makanan yang Anda konsumsi tidak hanya menentukan kesehatan raga Anda sendiri tetapi juga sangat mempengaruhi kesehatan janin. Nutrisi ibu hamil yang mencukupi secara otomatis akan menjamin tumbuh kembang janin dan bahkan dapat membantu kelancaran persalinan. Simak yuk, Moms.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu dari nutrisi ibu hamil yang sangat penting untuk dikonsumsi. Sayuran tidak hanya mengandung air dan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan, tetapi beberapa jenis sayuran daun hijau  seperti bayam, brokoli, dan kangkung mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin C.  Baca juga: Moms, Ikuti Tips Mengatasi Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi Yuk

Zat besi memiliki fungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga baik ibu dan bayi terhindar dari resiko terkena anemia. Sedangkan asam folat membantu pertumbuhan organ-organ vital janin agar berkembang dan berfungsi secara maksimal serta mencegah terjadinya cacat lahir. Vitamin C dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga Anda dan janin Anda tidak gampang terserang penyakit.

  • Strawberry

Vitamin C tidak hanya terdapat di dalam sayuran hijau tetapi juga ada pada buah-buahan berwarna merah terang seperti strawberry. Buah strawberry memiliki rasa asam yang menyegarkan dan lezat. Di samping itu buah strawberry memiliki kandungan vitamin C yang melimpah sekaligus antioksidan dan asam folat. Antioksidan dalam strawberry berfungsi sebagai perisai dalam mencegah sekaligus membunuh sel-sel kanker.

  • Susu

Mengkonsumsi susu sapi dan produk turunan dari susu seperti keju dan yoghurt dapat meningkatkan asupan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan bayi. Kalsium berperan besar dalam membantu tubuh meregulasi cairan sehingga mencegah retensi air. Selain itu fungsi utama dari kalsium adalah untuk membantu membentuk serta menguatkan struktur tulang dan gigi pada janin. Sedangkan bagi ibu hamil, kalsium dapat membantu menguatkan gigi dan tulang ibu, sekaligus mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Daging dan Kacang-Kacangan

Daging, baik daging ayam, daging sapi, dan daging ikan, serta kacang-kacangan memiliki kandungan protein tinggi yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk membantu perkembangan jaringan-jaringan tubuh, termasuk jaringan-jaringan otak. Sedangkan bagi ibu, asupan protein dari makanan-makanan tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah sekaligus membantu memperkuat jaringan rahim.

Hanya saja, jangan mengkonsumsi daging mentah atau setengah matang selama masa kehamilan. Karena hal tersebut justru dapat mengakibatkan kuman atau bakteri masuk ke dalam tubuh dan membahayakan janin.

Demikianlah makanan dengan nutrisi ibu hamil yang wajib Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, ladies.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Inilah Nutrisi Ibu Hamil Untuk Kehamilan Yang Sehat"