Bunda, Simak Makanan Peningkat Produksi ASI Berikut Yuk

Makanan Peningkat Produksi ASI

Pemberian ASI pada bayi adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh semua ibu. ASI merupakan asupan makanan pertama yang dikonsumsi oleh bayi semenjak ia terlahir di dunia, dan di dalam ASI terdapat berbagai macam vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk mendukung perkembangan lanjutnya hingga ia lepas ASI nanti. Di awal-awal kehidupannya di dunia bayi membutuhkan asupan ASI dalam jumlah yang sangat banyak sehingga wajar jika Anda perlu mengetahui makanan peningkat produksi ASI.

  • Daun Katuk

Rekomendasi makanan peningkat produksi ASI yang sering disarankan untuk dikonsumsi adalah daun katuk. Khasiat daun katuk sendiri telah lama dikenal sejak lama dan merupakan resep ampuh para ibu-ibu tradisional untuk menambah produksi ASI bagi bayi mereka.   Baca juga: Bunda Wajib Tahu Tips Perawatan “Miss V” Pasca Melahirkan

Namun kebanyakan ibu menyusui merasa sedikit enggan dalam mengkonsumsi daun katuk karena rasanya yang pahit. Oleh karena itu, ada baiknya Anda juga mempelajari tentang bagaimana cara mengolah daun katuk yang benar sehingga rasa pahit dari daun katuk tersebut dapat terminimalisir.

  • Bayam

Sebagai sumber dari zat besi, bayam tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan perkembangan bayi selama masih berada di dalam kandungan, tetapi juga menjaga agar produksi ASI yang dihasilkan oleh ibu meningkat berkat enzim phytoestrogens yang terkandung di dalam bayam. Selain itu, kualitas nutrisi dari ASI Anda pun akan jauh lebih lengkap dengan rajin mengkonsumsi bayam.

Pasalnya, selain zat besi bayam juga mengandung vitamin B6 yang berfungsi untuk membentuk sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh bayi sehingga bayi tidak mudah jatuh sakit. Selain itu, terdapat juga jenis vitamin dan nutrisi-nutrisi lain pada bayam seperti vitamin A,C,E, K, protein dan berbagai macam mineral yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dan bayi.

  • Fenugreek

Tanaman yang sering digunakan dalam ramuan-ramuan herbal tradisional ini kaya akan zat besi, kalsium, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi bayi Anda. Selain itu, biji fenugreek juga sering disarankan oleh para dokter untuk menambah produksi ASI. Namun jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya ya, Moms. Karena di balik segala manfaatnya, fenugreek bersifat diuretik sehingga Anda akan sering buang air kecil.

Dan apabila tidak diimbangi dengan konsumsi air minum dalam jumlah banyak maka Anda dapat terkena dehidrasi. Selain itu fenugreek juga berpotensi mengakibatkan keguguran janin, jadi bagi Anda yang saat ini sedang mengandung lebih baik konsumsi fenugreek setelah persalinan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai makanan peningkat ASI . Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Simak Makanan Peningkat Produksi ASI Berikut Yuk"