Bunda Wajib Tahu! Inilah Manfaat Beras Merah Untuk Kehamilan

Manfaat Beras Merah

Bunda mungkin tidak asing lagi dengan beras merah, bahkan mungkin banyak dari Anda yang mengkonsumsi nasi hasil tanakan dari beras ini. Dibandingkan dengan beras putih, beras merah memang kurang populer dan kurang diminati. Alasannya adalah karena rasa dari beras merah yang cenderung memiliki tekstur dan terasa hambar, tidak seperti rasa nasi putih yang lebih mulus dan memiliki rasa yang lebih manis. Akan tetapi, tak kenal maka tak sayang. Terlepas dari rasanya yang memang sedikit aneh, beras merah memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi Anda yang sedang menjalani masa kehamilan lho. Yuk simak manfaat beras merah berikut ini.

  • Membantu Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat beras merah yang paling terkenal adalah beras atau nasi merah mampu membantu memperlancar pencernaan sekaligus membantu mencegah konstipasi. Tidak seperti nasi putih yang memiliki lebih banyak kandungan gula dan minim serat, nasi merah memiliki kandungan serat yang sangat kaya. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi ibu hamil, terutama di masa-masa awal kehamilan dimana banyak dari Anda yang akan terserang konstipasi.

  • Membantu Meningkatkan Daya Imunitas Tubuh

Walaupun berbeda-beda, tiap ibu hamil akan mengalami penurunan daya tahan tubuh selama masa kehamilan, dan hal tersebut membuat ibu menjadi lebih vulnerable terserang berbagai macam penyakit. Nah, kandungan vitamin B6 yang terdapat di dalam beras merah mampu membantu tubuh Anda membentuk sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.  Baca juga: Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil

Sehingga tidak hanya Anda saja yang memiliki daya imunitas tubuh yang kuat, janin yang berada di dalam rahim Anda akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang dapat melindunginya dari penyakit-penyakit yang menyelinap masuk ke dalam rahim.

  • Membantu Pembentukan Sel Darah

Selama masa kehamilan, terutama masa trimester kehamilan ke-2, beberapa ibu hamil akan mengalami anemia. Tentunya kondisi tersebut tidak hanya akan berbahaya bagi keselamatan ibu, tetapi juga keselamatan janin jika Anda tidak segera melakukan tindakan pengobatan. Anda dapat mengantisipasi terjadinya anemia lebih awal dengan mengganti beras putih dengan beras merah untuk konsumsi Anda sehari-hari.

Nutrisi makanan yang terdapat di dalam beras merah tidak hanya dapat menjaga kestabilan produksi sel darah merah, tetapi juga menjaga agar pasokan sel darah putih serta trombosit di dalam tubuh tetap mencukupi.

Demikianlah beberapa manfaat besar merah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda Wajib Tahu! Inilah Manfaat Beras Merah Untuk Kehamilan"