Bunda, Yuk Simak Manfaat Nangka Untuk Ibu Hamil

Manfaat Nangka Untuk Ibu Hamil

Moms, apakah Anda termasuk penggemar berat buah nangka? Tropical fruit dengan warna buah kuning dan rasa yang sangat manis ini memang sangat lezat. Buah nangka tidak hanya dapat dimakan begitu saja, buah ini juga sering dijadikan sebagai topping es krim, hidangan kolak, hingga sebagai salah satu bahan utama dari gudeg. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak sekali manfaat nangka untuk ibu hamil?

Salah satu manfaat nangka untuk ibu hamil adalah membantu meregulasi hormon-hormon di dalam tubuh Anda. Seperti yang telah Anda ketahui, saat hamil ibu akan mengalami berbagai macam gejolak hormon. Perubahan-perubahan hormon tersebut tentu saja adalah hal yang wajar, karena tubuh Anda tengah melakukan persiapan diri untuk mengakomodasi si kecil. Namun, akibat dari gejolak hormon tersebut tidak jarang menyebabkan ketidaknyamanan, mulai dari perasaan nausea (morning sickness), kelelahan, hingga mood swing. Mengkonsumsi buah nangka dalam kadar yang wajar dapat membantu tubuh Anda meregulasi hormon-hormon tersebut sehingga gangguan-gangguan kehamilan akibat gejolak hormon pun dapat dikurangi.  Baca juga: Manfaat Beras Merah Untuk Kehamilan 

Ibu hamil juga mengalami penurunan daya tahan tubuh yang cukup signifikan sehingga mengakibatkan ibu rentan terserang penyakit selama masa kehamilan. Salah satu penyebab menurunnya daya imunitas tubuh juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C. Nangka merupakan salah satu sumber dari vitamin C yang sangat kaya. Dengan memasukkan buah nangka ke dalam diet Anda, akan memenuhi tuntutan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga daya tahan tubuh Anda pun akan semakin menguat.

Buah nangka tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, tetapi juga bagi janin yang berada di dalam kandungan. Buah nangka memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, dimana vitamin A tidak hanya dibutuhkan untuk membantu merawat sel-sel mata ibu, tetapi juga untuk membantu menjamin kelancaran perkembangan organ-organ tubuh janin, terutama organ penglihatan. Resiko bayi Anda terkena kelainan mata seperti katarak atau buta pun dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki kecenderungan terkena darah tinggi, mengkonsumsi buah nangka dapat membantu mengurangi tekanan darah Anda dan menjaga agar tekanan darah Anda tetap berada dalam titik yang stabil.

Namun, terlepas dari manfaat nangka untuk ibu hamil, Anda juga perlu berhati-hati saat mengkonsumsi buah nangka. Jika Anda memiliki alergi terhadap buah nangka, maka ada baiknya Anda menghindari mengkonsumsi buah ini karena jika Anda nekat, maka besar kemungkinan reaksi alergi akan timbul. Selain itu konsumsi buah nangka yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pencernaan berupa diare. Hal tersebut dikarenakan buah nangka memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Selain itu, kadar gula pada buah nangka yang tinggi dapat mengakibatkan gula darah Anda melonjak tinggi, sehingga jika Anda memiliki riwayat diabetes sebaiknya hindari mengkonsumsi buah ini selama masa kehamilan.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Simak Manfaat Nangka Untuk Ibu Hamil"