Manfaat Madu yang Akan Diperoleh Ibu Hamil dan Bayi

Manfaat MaduManfaat Madu – Amankah mengonsumsi madu bagi seorang wanita selama masa kehamilan? Ya, aman bagi sang ibu maupun calon bayi. Well, meskipun ada penelitian yang mengungkapkan bahwa madu tak aman untuk bayi, karena madu mungkin saja mengandung bakteri yang dapat berkembang dalam usus bayi dan menyebabkan botulisme bayi, namun ibu hamil tidak dilarang untuk mengonsumsi madu, kok, Moms.

Yang sebenarnya adalah usus bayi belum memiliki kemampuan untuk menghancurkan bakteri yang ada di dalam madu. Untuk itu disarankan tidak memberikan madu pada bayi di bawah usia 1 tahun. Namun bagi ibu hamil, mengonsumsi madu justru memberikan berbagai manfaat kesehatan. Bahan alami yang dihasilkan oleh lebah ini sebenarnya dikemas dengan aneka nutrisi yang menjadikan madu sangat sehat untuk dikonsumsi. Nah, berikut inilah beberapa manfaat madu yang akan diperoleh oleh ibu hamil dan sang bayi, Moms:

  • Madu memiliki sifat antibiotok alami
  • Madu menyimpan kemampuan untuk mengurangi reaksi alergi
  • Madu terbukti mengandung sifat yang dapat menghambat pertumbuhan H. Pyroli, atau bakteri yang dapat menyebabkan bisul
  • Madu memiliki sifat analgestik alami, yang menjadikannya sebagai obat alami untuk luka bakar
  • Madu mengandung antiokasidan dan flavonoid yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan pertumbuhan kanker tertentu

Dan meskipun ibu hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi madu, tetapi sebaiknya Anda memilih madu yang masih murni atau madu yang telah dipasteurisasi, Moms. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari risiko kesehatan bagi sang ibu serta bayi.

Selain itu madu mungkin saja mengandung bakteri tertentu yang dapat membahayakan kesehatan ibu ataupun janin. Karena itu sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi madu. Jika memungkinkan lakukan tes alergi terhadap madu, terutama jika Anda mengonsumsi madu dari merek yang berbeda dari yang biasanya Anda konsumsi.

Spora atau jamur yang terkandung di dalam madu memang tidak terlalu membahayakan kesehatan ibu dan bayi. Hal tersebut karena spora biasanya tidak tahan hidup di lingkungan pH asam. Dan spora akan mati di dalam sistem pencernaan orang dewasa sebelum mencapai janin.

Secara umum, madu merupakan bahan pengganti alami untuk gula putih dan menawarkan tidak sedikit manfaat kesehatan. Anda dapat mengonsumsi madu selama masa kehamilan, asalkan mengonsumsi madu murni dan organik. Namun sempatkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih madu untuk Anda konsumsi dan mendapatkan manfaat madu bagi kesehatan Anda dan janin, ya, Moms?

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Madu yang Akan Diperoleh Ibu Hamil dan Bayi"