Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makanan Bergizi Yang Diberikan Oleh Ibu

Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makanan Bergizi Yang Diberikan Oleh IbuMakan bergizi – Buah, sayur, susu dan kacang-kacangan adalah makanan yang sangat sehat dan sebaiknya dikonsumsi oleh anak-anak agar kebutuhan gizi mereka tercukupi dan optimal, namun seringkali kita mendapati anak-anak yang susah sekali menyantap makanan-makanan ini karena alasan tidak doyan.

Berikut beberapa tips penyajian agar anak menyukai makanan sehat yang Anda hidangkan:

1. Tetap memberikan makanan yang bergizi
jangan menyerah untuk memberikan makanan yang bergizi, anak akan memakan makanan yang ibu berikan ketika mereka sedang lapar.tetap pertahankan untuk memberikan makanan yang padat dengan nutrisi seperti daging, telur, produk organik, dll..dengan memberikan makanan yang penuh nutrisi mereka akan menjadi sehat dan anda tidak perlu khawatir tentang apa yang mereka lakukan.

2. Sajikan makanan sederhana
Beberapa balita akan menolak makanan yang sudah di “mixed” karena mereka tidak tahu apa yang ada di dalamnya. Tidak apa-apa dan tetap memberikan buah-buahan segar dan sayuran, keju , daging dll. Ketika Anda membuat makan malam, berikan mereka sebagian sedikit daging atau sayuran sebelum mencampurkan ke bahan makan lain

3. Sajikan beberapa pilihan menu
Tidak masalah jika anak Anda akan menolak makanan yang anda berikan, dan pastikan ada 2 atau 3 pilihan makanan di piring (semuanya harus bergiz).

4. Terus menawarkan makanan baru
Tawarkan mereka makanan makanan yang baru mereka kenal (tapi tetap begizi). Biarkan anak Anda untuk mencoba makanan baru. dia mungkin menyukai makanan tersebut.

5. Berikan saus atau rempah-rempah
Coba berikan kecap fermentasi, yogurt, saus keju, dll Beberapa anak-anak akan makan apa pun yang bisa mereka celupkan ke dalam saus.

6. Memberikan makanan ringan yang bergizi 
Balita berbeda dengan anak anak. Balita tidak memiliki kontrol diri atau pemikiran, jadi mencoba untuk mengajarkan “Jika anak anda tidak makan makanan ibu berikan, anak tidak di beri jajan”. Tentunya itu akan menjadi bumerang

7. Sembunyikan makanan sehat.
Brokoli, wortel, bayam, bisa membuatnya mengunci mulut. Harus diakui tidak mudah membuat sayuran menjadi makanan favorit balita. Tapi ada cara jitu mengakalinya, Jessica Seinfeld dalam bukunya “Deceptively Delicious,” membantu Anda menyembunyikan sayur dalam makanan balita, sehingga ia tetap mau menyantapnya. Misalnya daging burger yang dicampur dengan sayuran.

8. Tidak perlu memberikan reaksi berlebihan
Tak perlu memberikan reaksiberlebihan jika si batita menyemburkan makanannya apalagi memarahi. Jangan pula mentertawakan. Lebih baik tanyakan apakah makanannya kurang enak. Kalau ya, lebih baik ganti dengan makanan bergizi sejenis. “Oh, Adek enggak mau makan nasi hari ini? Ibu punya kentang. Enak, deh!”

Baca Juga Pilihlah Ukuran Sepeda Yang Cocok Untuk Anak Anda

author
No Response

Leave a reply "Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makanan Bergizi Yang Diberikan Oleh Ibu"