Nutrisi Tepat Untuk Perkembangan Tulang Anak!

No comment 1005 views

gambar8

nutrisi perkembangan tulang anak – Jenis nutrisi untuk perkembangan tulang pada anak sangat penting untuk diketahui karena tulang yang sehat membutuhkan banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin D dan lain – lain.  Anak – anak perlu mendapat cukup kalsium dan vitamin D untuk pembentukan tulang mereka. Tulang yang sehat adalah tulang yang tersusun atas kalsium dengan memiliki kadar yang tinggi.

Berikut adalah nutrisi perkembangan tulang anak beserta tipsnya :

Nutrisi dan tips perkembangan tulang pada anak

  • Nutrisi untuk perkembangan tulang

Setiap anak membutuhkan banyak kalsium setiap harinya untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang mereka. Kalsium berperan penting dalam kontraksi otot, pembekuan darah dan juga kesehatan tulang. Ketika anak anda menjalankan program diet maka pada tubuhnya banyak terdapat kalsium dan disimpan di jaringan tulang sehingga akan dibangun kembali dan lebih diperkuat. Pembentukan tulang dimulai pada saat usia anak – anak, meningkat pada usia remaja dan berlanjut tumbuh sekitar pada usia 25 tahunan. Setelah usia 25 tahun, asupan nutrisi kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Jika kadar kalsium tubuh dibawah kata normal maka kalsium akan diambil dari tulang dan dimasukkan kedalam darah yang akan digunakan untuk fungsi – fungsi tubuh lainnya. Itulah alasannya mengapa sangat penting untuk mengkonsumsi kalsium yang cukup agar dapat mempertahankan kesehatan tulang sampai usia tua.

  • Makanan terbaik untuk menjaga kesehatan tulang anak

Susu dan makanan yang terbuat dari susu merupakan sumber makanan yang kaya mengandung kalsium. Satu cangkir susu rendah lemak setiap hari mengandung 300 mg kalsium dan satu cangkir yogurt tanpa lemak setiap hari memiliki 490 mg kandungan kalsium. Jus yang memiliki banyak kalsium, sereal dan pasta memiliki 300 samapi 400 mg kandungan kalsium setiap porsinya. Banyak beberapa orang maupun anak – anak yang tidak suka mengkonsumsi susu maupun yogurt padahal banyak kandungan gizi yang terdapat dalam yogurt atupun susu.

  • Tips meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D pada Anak

– Tambahkanlah keju rendah lemak pada sayuran, sandwich ataupun salad

– Buatlah pudding dengan susu yang rendah lemak untuk bekal makanan sekolahnya

– Siapkan susu rendah lemak setiap hari minimal 2 kali dalam sehari

– Buatlah makanan yang terbuat dari yogurt rendah lemak atau bahkan yang tidak ada kandungan lemaknya

Itulah beberapa ulasan tentang nutrisi perkembangan tulang anak yang wajib bunda ketahui. Jika buah hati anda tidak menyukai susu sapi anda dapat menggantinya dengan susu kedelai agar asupan kalsium dan vitamin D nya tetapt terpenuhi dengan baik. Baca juga tentang Ini Dia Nutrisi Tepat Mengatasi Perut Kembung Pada Anak!

author
No Response

Leave a reply "Nutrisi Tepat Untuk Perkembangan Tulang Anak!"