Simak Cara Menjaga Asupan Gizi Ibu Menyusui Ketika Berpuasa

Cara Menjaga Asupan Gizi Ibu Menyusui

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, dan salah satu kenikmatan yang hanya dapat dinikmati saat bulan Ramadhan adalah saat Anda dapat berpuasa bersama dengan seluruh anggota keluarga. Bagi Anda yang sedang menyusui pun, pastinya ingin melaksanakan ibadah puasa bersama-sama. Tapi, Anda perlu benar-benar menjaga agar jangan sampai ibadah puasa Anda membuat program menyusui Anda terhambat, Moms. Yuk, simak cara menjaga asupan gizi ibu menyusui ketika berpuasa di bawah ini.

Cara menjaga asupan gizi ibu menyusui ketika berpuasa yang pertama adalah, pastikan bahwa menu sahur Anda terdiri atas makanan-makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, seperti beras merah, gandum, kacang-kacangan, ubi manis, dan jagung. Tidak sama seperti nasi yang merupakan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks yang ada di dalam makanan-makanan tersebut mengandung serat, vitamin, dan mineral. Tubuh juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan berkarbohidrat kompleks, sehingga rasa kenyang Anda pun akan bertahan lebih lama.

Selain makanan dengan karbohidrat kompleks, alangkah baiknya jika Anda juga menyertakan menu makanan berprotein ke dalam menu makanan sahur dan berbuka Anda. Protein merupakan zat pembangun yang sangat berguna untuk membantu membangun dan merevitalisasi jaringan-jaringan tubuh. Protein juga merupakan salah satu zat pembentuk antibodi, sehingga semakin tercukupi kandungan protein di dalam tubuh, maka tubuh Anda pun akan semakin kuat dan kebal terhadap serangan penyakit.

Ada 2 jenis protein yang dapat Anda konsumsi, yaitu protein nabati dan protein hewani.  Protein nabati, adalah protein yang berasal dari tumbuhan, seperti kedelai, kacang-kacangan, dan polong-polongan. Sedangkan protein hewani dapat Anda temukan di dalam daging ayam, daging sapi, telur ayam, dan ikan-ikanan.

Ibu menyusui dan bayi juga membutuhkan asupan lemak yang cukup. Tentu saja, dalam hal ini lemak yang dimaksud adalah lemak yang berada di dalam ambang wajar, yaitu lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh ganda. Lemak tak jenuh dapat membantu mengontrol kadar lemak jenuh (kolesterol LDL) sehingga menghindarkan Anda dari resiko terkena kolesterol tinggi. Sedangkan lemak tak jenuh ganda, contohnya asam lemak omega 3 sangat berguna untuk membantu mendukung pertumbuhan jaringan otak bayi dan membantu untuk meningkatkan kualitas memori otak.

Contoh makanan yang mengandung lemak yang menyehatkan ini adalah minyak zaitun dan ikan-ikan laut, salah satunya adalah ikan salmon.

Demikianlah beberapa cara menjaga asupan gizi ibu menyusui ketika berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Simak Cara Menjaga Asupan Gizi Ibu Menyusui Ketika Berpuasa"