Wajibkah Beli Vitamin Otak Untuk Anak?

child taking medicine

Setiap orangtua pastinya tidak hanya menginginkan anak yang sehat saja, tapi mereka juga menginginkan agar anak mereka memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga tidak hanya dapat berprestasi di sekolah tapi juga dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat kelak. Tentu saja, selain memberikan fasilitas dan memberikan dukungan agar anak mengeksplorasi kemampuannya, orangtua juga wajib memperhatikan asupan vitamin yang dibutuhkan untuk otak anak. Di luar sana, industri obat-obatan sangat gencar dalam meluncurkan produk-produk suplemen vitamin yang KATANYA bisa mencerdaskan anak. Tapi haruskah Anda keluar uang untuk membeli vitamin otak untuk anak?
Dan jawabannya adalah, TIDAK. Vitamin otak untuk anak yang beredar di toko-toko obat sebenarnya ditujukan untuk anak-anak yang terlahir prematur, atau anak-anak yang mengalami kekurangan asupan vitamin otak saat mereka berada di dalam kandungan. Anda tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli tablet vitamin yang terbilang cukup mahal, karena nutrisi otak tersebut sebenarnya dapat ditemukan di dalam berbagai macam makanan di sekitar Anda. Apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini.
Ikan
Seperti yang kita semua sudah ketahui, beberapa jenis ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 tinggi yang dapat membantu perkembangan otak janin di dalam rahim dan juga merawat sel-sel otak pada orang dewasa. Dan ternyata, khasiat ikan tersebut pun juga bisa dirasakan oleh anak-anak. Asupan lemak omega 3 yang cukup dapat membantu otak anak agar lebih cepat menyerap dan menyimpan informasi. Anak Anda pun jadi lebih cepat dalam menangkap pelajaran yang diberikan.

Tapi, tetap saja ikan dengan kandungan lemak omega 3 tinggi seperti tuna dan salmon memiliki kadar polutan merkuri yang tinggi. Maka dari itu, konsumsi ikan jenis ini pun perlu dibatasi untuk menghindarkan anak dari resiko terkena keracunan merkuri.
Sayuran Hijau
Sayuran hijau tidak hanya mengandung serat yang sangat baik untuk menjaga sistem metabolisme dan pencernaan anak, vitamin E yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu merawat sel-sel otak. Vitamin E merupakan zat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari ancaman sel-sel radikal bebas. Pada orang dewasa, asupan vitamin E yang cukup dapat membantu mencegah terjadinya Alzheimer alias penyakit pikun.
Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan, seperti kacang tanah dan kacang kedelai tidak hanya kaya akan protein dan vitamin E saja, tapi juga kaya akan vitamin B-6. Vitamin B-6 adalah multivitamin yang memiliki fungsi sebagai neurotransmitter dan meremajakan sel-sel otak. Anak Anda jadi lebih bisa berkonsentrasi selama ada di sekolah dan lebih mudah dalam menyerap materi pelajaran. Selain pada kacang-kacangan, vitamin B-6 ini juga bisa ditemukan di dalam sayuran wortel dan biji bunga matahari.
Ternyata vitamin otak untuk anak Anda bisa ditemukan di dalam makanan alami ya, Bunda?

child taking medicine

author
No Response

Leave a reply "Wajibkah Beli Vitamin Otak Untuk Anak?"